Charles G. Finney
adalah tokoh pemimpin kebangunan rohani gelombang kedua di Amerika Serikat
sekitar tahun 1800. Lahir di New England pada tahun 1972 dalam keluarga Kristen
Presbiterian. Tahun 1818, dia mempelajari hukum di sebuah biro hukum di Adams,
New York, dan diterima sebagai pengacara negara. Sambil belajar hukum, selama
berada di Adams, Finney juga menghadiri ibadah di Gereja Presbiterian. Khotbah
yang disampaikan George W. Gale, pendeta gereja itu, menarik perhatian Finney.
Dia juga tertarik mempelajari Alkitab karena menemui banyak acuan ke Alkitab
dalam buku-buku hukum yang dia pelajari, ditambah lagi diskusi-diskusi yang
sering dia lakukan dengan Pendeta Gale.Hal itu membawa Finney untuk menerima Kristus sebagai Juru Selamatnya pada tahun 1821, setelah sebelumnya mengalami pergumulan rohani yang panjang untuk mengakui bahwa Alkitab adalah benar-benar firman Allah. Finney berkata, "Aku telah dibayar Tuhan Yesus Kristus untuk membela perkara-Nya."
Sebelum pertobatannya,
Finney mengalami pengalaman rohani yang luar biasa, yang mengubah pandangannya
mengenai pertobatan dan menentukan perjalanan kehidupannya selanjutnya. Finney
mengembara dalam hutan-hutan untuk beberapa hari lamanya dan berdoa dengan
suara yang sangat keras di sana. Dalam pergumulannya, suatu waktu dia merasa
sekujur tubuhnya seperti disengat aliran listrik dan dipenuhi rasa cinta kasih
yang luar biasa. Finney mengatakan bahwa ia telah mengalami baptisan Roh Kudus.
Pengalaman rohani dan pertobatannya menjadi awal bagi Finney dalam mencurahkan
seluruh perhatiannya untuk berkhotbah.
Pendeta Gale diminta
oleh Gereja Presbiterian untuk mengawasi Finney dalam mempelajari hal-hal
seputar pelayanan gereja/mimbar. Walaupun banyak perbedaan pendapat antara
Pendeta Gale dan Finney mengenai beberapa doktrin, akan tetapi Finney banyak
belajar dari buku-buku yang ada dalam perpustakaan Pendeta Gale. Finney sempat
merasa lebih baik tidak usah berkhotbah daripada dipaksa sependapat dengan
beberapa keyakinan doktrin Pendeta Gale yang dia anggap tidak sesuai dengan
keyakinannya. Akan tetapi, dia mendapat dorongan dan doa dari seorang penatua
gereja yang juga setuju dengan pendapat Finney.
Pada tahun 1824,
akhirnya Finney ditahbiskan oleh Gereja Presbiterian di Adams dan diizinkan
untuk berkhotbah. Finney berkhotbah dengan lantang dan berbicara kepada para
pendengarnya dengan gaya langsung dan sederhana. Dia berusaha menghindari gaya
teater di podium, namun ia berupaya mendapatkan perhatian mereka yang mendengar
khotbahnya. Menurutnya, umat manusia tidak akan bertindak sebelum mereka
tertarik. Ia memberi petunjuk-petunjuk bagi seorang pengkhotbah untuk membawa
seseorang kepada pertobatan dalam bukunya yang berjudul "Lecture on
Revivals of Religion". Di dalamnya, dia menjelaskan bahwa kebangunan
rohani bukanlah mukjizat atau bergantung pada mukjizat dalam hal apa pun,
tetapi merupakan hasil tepat guna dari cara-cara yang sudah ada. Finney
berpendapat bahwa khotbah harus disampaikan dengan berapi-api, disertai doa-doa
yang panjang dan penuh perasaaan. Khotbah juga harus mendorong seseorang untuk
mengambil keputusan bertobat atau tidak.
Perry Miller berkata,
"Ketika ia membuka mulutnya, ia membidikkan sebuah senjata. Ketika ia
berbicara, bombardir dimulai. Lebih dari setengah juta orang telah berubah
selama pelayanannya. Ia menyebarkan sebuah kebangunan rohani yang telah
mengubah sejarah." Kebangunan rohani pada tahun 1830 di Rochester, New
York, yang dipimpinnya, membuatnya dikenal sebagai tokoh kebangunan rohani
Amerika. Selama masa kebangunan rohani, tindakan Finney yang paling
kontroversial adalah mengizinkan wanita untuk memimpin doa selama pertemuan
ibadah, menyerukan nama-nama orang berdosa ketika berkhotbah -- mereka
ditempatkan di depan dan duduk di "bangku kerinduan" agar dapat
didoakan, mengadakan pertemuan-pertemuan panjang tanpa perencanaan, dan
mengajarkan kemungkinan pemberantasan dosa secara pribadi maupun dalam
masyarakat. Finney juga termasuk tokoh yang berjuang untuk penghapusan
perbudakan, minuman keras, dan pakaian yang berlebih-lebihan di Amerika
Serikat. Khotbah-khotbah ini menjadi alasan isu gerakan reformasi sosial pada
abad ke-18 di Amerika.
Secara lengkap,
berikut beberapa peristiwa penting yang terjadi sepanjang perjalanan hidup
Finney, termasuk di dalamnya kiprah dan kehidupan pribadi dan keluarganya.
Tahun
|
Peristiwa
|
1792
|
Charles G. Finney lahir di Warren,
Litchfield County,
|
||
Connecticut.
|
|||
1794
|
Hijrah ke Oneida County, New York.
|
||
1812
|
Hijrah ke Warren, Connecticut, dan
tinggal dengan pamannya.
|
||
1814
|
Hijrah ke New Jersey untuk
mengajar di sekolah umum.
|
||
1818
|
Kembali ke Henderson, Jefferson
County, New York, karena
|
||
kesehatan ibunya memburuk.
|
|||
1821
|
Belajar hukum di firma hukum
Wright and Wardwell di Adams, New
|
||
York.
|
|||
1821
|
Oktober menerima Kristus dan
dibaptis Roh Kudus di Adams,
|
||
New York.
|
|||
1823
|
25 Juni mulai belajar teologi di
St. Lawrence Presbytery di
|
||
Adams, New York. Pada 30 Desember,
diizinkan untuk berkhotbah
|
|||
di St. Lawrence Presbytery di
Adams, New York.
|
|||
1824
|
Pada 17 Maret, diutus sebagai
seorang misionaris oleh Female
|
||
Missionary Society. Pada 7 Mei,
diberhentikan dari Local
|
|||
Masonic Chapter. Pada hari yang
sama, ia ditahbiskan oleh
|
|||
Oneida Presbytery. Selanjutnya
pada 5 Oktober, ia menikah
|
|||
dengan Lydia Root Andrews, yang
lahir pada 8 Maret 1804.
|
|||
1826
|
Mulai mengadakan kebaktian
kebangunan rohani di New York.
|
||
1826
|
Pada bulan Januari, ia
mengkhotbahkan "Can Two Walk Together
|
||
Except They Be Agreed?" di
Troy, New York.
|
|||
1826
|
Pada 8 Juli, khotbah di New
Lebanon Convention, New Lebanon,
|
||
New York. Mengikuti konferensi
tentang New Measures, kebangunan
|
|||
rohani, dan sebagainya dengan
Nettleton, Beecher, dll..
|
|||
1828
|
Pada 8 Juni, putri pertamanya,
Helen Clarissa, lahir.
|
||
1828
|
Khotbah kebangunan rohani di
Philadelphia dan New York.
|
||
1829
|
Kebangunan rohani berlanjut di
German Reformed Church,
|
||
Philadelphia; dan Lancaster,
Pennsylvania.
|
|||
1830
|
Pada 28 Maret, putra pertamanya,
Charles Beman, lahir.
|
||
1830
|
Pelayanan kebangunan rohani selama
enam bulan di Rochester, New
|
||
York.
|
|||
1831
|
Pertemuan kebangunan rohani di
Auburn, Buffalo, dan Boston; ia
|
||
mengkhotbahkan "Sinners Bound
to Change Their Own Hearts".
|
|||
1832
|
Pada 7 Maret, putra keduanya,
Frederic Norton, lahir.
|
||
1832
|
Pada 28 September, ia memulai
tugas penggembalaan di Chatham
|
||
Street Chapel New York, yang juga
dikenal sebagai Second Free
|
|||
Church.
|
|||
1833
|
Mulai berkhotbah di New York
Oberlin Collegiate Institute yang
|
||
dihadiri seratus pelajar.
|
|||
1834
|
Mengadakan pelayaran untuk misi
kesehatan Mediterranean di
|
||
Malta. Dalam masa ini, beragam
judul khotbah diterbitkan.
|
|||
1835
|
Dianugerahi posisi sebagai
Professor of Theology di Oberlin.
|
||
1835
|
Memberi kuliah tentang kebangkitan
agama di Chatham Street
|
||
Chapel, New York.
|
|||
1835
|
Pada bulan Desember, buku
"Lectures on Revivals of Religion"
|
||
diterbitkan di New York.
|
|||
1836
|
Khotbah-khotbah dengan berbagai
judul diterbitkan.
|
||
1836
|
Pada 13 maret, mengundurkan diri
sebagai pendeta Chatham Street
|
||
Chapel, New York.
|
|||
1836
|
Pada 10 April, pelayanan pertama
di Broadway Tabernacle Church
|
||
New York.
|
|||
1836
|
Mulai mengkhotbahkan
"Lectures to Professing Christians" setiap
|
||
minggu di B.T. New York dan
diterbitkan setiap minggu dalam The
|
|||
New York Evangelist.
|
|||
1837
|
Pada musim semi, menyimpulkan
khotbah-khotbah "Lectures to
|
||
Professing Christians".
|
|||
1837
|
Pada 16 Maret, putri keduanya,
Julia, lahir.
|
||
1837
|
Pada 16 April, ia mengundurkan
diri sebagai pendeta di Broadway
|
||
Tabernacle, New York.
|
|||
1837
|
Tulisan "Lectures to
Professing Christians" diterbitkan dalam
|
||
bentuk buku di New York.
|
|||
1840
|
Tulisan bertema, "Skeletons
of a Course of Theological
|
||
Lectures", diterbitkan di
Oberlin.
|
|||
1840
|
Tulisan "Views of
Sanctification" diterbitkan di Oberlin.
|
||
1841
|
Putri ketiganya, Sarah, lahir.
|
||
1842
|
Khotbah di Revivals Rochester, New
York; di Marlborough Chapel,
|
||
Boston.
|
|||
1842
|
Pada 26 Juni, Sylvester Finney
meninggal.
|
||
1843
|
Pada 9 Maret, Sarah, putrinya,
meninggal.
|
||
1843
|
Pada bulan Desember berkhotbah di
Marlborough Chapel, Boston.
|
||
1844
|
Selama bulan Maret, berkhotbah di
Marlborough Chapel, Boston.
|
||
1844
|
Putri keempatnya, Delia, lahir
(meninggal pada 1 September
|
||
1852).
|
|||
1844
|
Pelayanan pertama sebagai pendeta
di First Congregational
|
||
Church of Christ, Oberlin.
|
|||
1846
|
Pengajaran "Systematic
Theology (vol. 2)" ditulis dan
|
||
diterbitkan di Oberlin.
|
|||
1847
|
Pengajaran "Systematic
Theology (vol. 3)" ditulis dan
|
||
diterbitkan di Oberlin.
|
|||
1847
|
Pada 17 Desember, istrinya, Lydia,
meninggal.
|
||
1848
|
Tulisannya, "Guide to the
Savior", diterbitkan.
|
||
1848
|
Pada 13 November, menikah dengan
Elizabeth Ford Atkinson dari
|
||
Rochester, New York.
|
|||
1849
|
Pada bulan November, mulai
berkhotbah di Inggris.
|
||
1850
|
Selama tahun ini, ia berkhotbah di
Inggris.
|
||
1851
|
Sekitar bulan April, ia
menyimpulkan khotbah di Inggris,
|
||
"Systematic Theology",
dalam satu jilid dan diterbitkan di
|
|||
Inggris.
|
|||
1851
|
Pada 26 Agustus, dipilih sebagai
Presiden Oberlin College,
|
||
Oberlin.
|
|||
1851
|
Pada April 1852, khotbah
kebangunan di Broadway Tabernacle, New
|
||
York; Hartford, Conn; dan di
Brooklyn Plymouth Congregational
|
|||
Church.
|
|||
1855
|
Pada musim gugur, mengadakan
pertemuan di Rochester, New York.
|
||
1859
|
Kembali ke Inggris dan berkhotbah
di sana.
|
||
1863
|
Pada 27 November, istri keduanya,
Elizabeth, meninggal.
|
||
1864
|
Menikahi Rebecca Rayl (meninggal
pada 12 September 1907).
|
||
1865
|
Mengundurkan diri sebagai
President of Oberlin College.
|
||
1869
|
Tulisan "The Character,
Claims and Practical Workings of
|
||
Freemasonry" diterbitkan.
|
|||
1871
|
Pembicara pada National
Congregational Council Oberlin.
|
||
1872
|
Pensiun sebagai pendeta di First
Congregational Church,
|
||
Oberlin.
|
|||
1874
|
Pembicara pada National
Congregational Council, Oberlin.
|
||
1875
|
Terakhir mengajar kelas Teologi
Pastoral di Oberlin.
|
||
1875
|
Charles G. Finney meninggal di Oberlin.
|
Banyak hal yang sangat
berpengaruh dalam pelayanan dan pembaharuan yang dilakukan Finney. Ia menolak
segala sesuatu yang tidak alkitabiah atau tidak langsung bersumber dari
Alkitab. Ia juga mengakui kehendak bebas manusia. Pengajaran-pengajarannya
mendorong pertobatan. Ia bukan saja sebagai pengkhotbah rohani, tetapi juga
sebagai tokoh pembaharu sosial. Finney sangat menekankan kesempurnaan kehidupan
Kristen. Kesucian harus nampak dalam kehidupan setiap orang Kristen yang
bertobat. Dalam kehidupan sehari-hari, seseorang harus mengejar kehidupan yang
suci.
TERIMAKASIH ATAS KUNJUNGAN NYA...SEMOGA ARTIKEL INI BERMANFAAT BAGI SOBAT SEMUA, KITA BISA MENELADANI APA YG SUDAH DILAKUKAN OLEH PARA TOKOH YG LUAR BIASA INI. JANGAN LUPA UTK SELALU BERKUNJUNG KE BLOG INI LAGI YAH... :)