Kamis, 20 Juni 2013

Olahraga di usia 40-an masih bisa cegah gagal jantung

Bagikan Artikel Ini :
Orang yang mengalami obesitas di usia 40 - 50 tahun mungkin berpikir bahwa mereka telah terlambat untuk mencegah penyakit jantung. Namun ini adalah anggapan yang salah. Penelitian terbaru menunjukkan bahwa berolahraga dan menjaga berat badan tubuh di usia 40 - 50 tahun masih bisa menurunkan risiko terkena serangan jantung di kemudian hari.


Pengurangan risiko ini juga bergantung pada faktor lain, seperti kebiasaan merokok, tekanan darah tinggi, atau tingkat kolesterol. Peneliti menekankan bahwa tak ada kata terlambat untuk mulai berolahraga dan menjalani gaya hidup sehat untuk mencegah serangan jantung.

"Kebugaran adalah faktor penangkal gagal jantung. Namun jika seseorang berusaha memperbaiki kebugarannya di usia pertengahan, mereka juga bisa mengurangi risiko gagal jantung," ungkap Dr Ambarish Pandey dari University of Texas Southwestern Medical Center di Dallas.

Berdasarkan data US Centers for Disease Control and Prevention, 50 persen orang yang terkena gagal jantung akan meninggal dalam waktu lima tahun. Namun dalam banyak kasus, gagal jantung bisa dicegah dengan menjaga kesehatan kardiovaskular dan mengontrol faktor risiko gagal jantung.

Hasil tersebut diketahui peneliti setelah mengamati tingkat kebugaran lebih dari 9.000 pria dan wanita berusia rata-rata 48 tahun selama delapan tahun. Mereka menemukan bahwa orang yang memiliki tingkat kebugaran rendah pada awal penelitian memiliki risiko tinggi terkena gagal jantung pada usia 65 tahun. Namun mereka yang meningkatkan kebugaran dan mengubah gaya hidup saat penelitian berlangsung memiliki risiko gagal jantung yang lebih rendah.

Pandey menyarankan orang yang berusia 40 tahun untuk melakukan jogging selama 12 menit sampai 10 menit. Jika dilakukan secara teratur, kegiatan ini bisa menurunkan risiko gagal jantung hingga 40 persen.
sumber:http://www.merdeka.com/sehat/olahraga-di-usia-40-an-masih-bisa-cegah-gagal-jantung.html





TERIMAKASIH SUDAH BERKUNJUNG KE BLOG INI, SEMOGA ARTIKEL INI MENAMBAH WAWASAN & MEMBERIKAN MANFAAT BAGI KITA SEMUA YANG MEMBACANYA...JANGAN LUPA UNTUK SELALU BERKUNJUNG KEMBALI...KARENA MASIH BANYAK ARTIKEL MENARIK LAINNYA YANG MENUNGGU UNTUK DIBACA OLEH PARA SOBAT SEMUA.

SELURUH ISI DARI BLOG INI BOLEH DI COPY-PASTE/DISEBARLUASKAN DENGAN SYARAT MENCANTUMKAN LINK SUMBER DARI BLOG INI. THANKS... !



 

ARTIKEL TERKAIT :

Comments
1 Comments

1 komentar:

  1. Salam Kenal..
    Artikelnya menarik nih.. kalau boleh tau.. apakah ada olahraga khusus untuk menjaga kesehatan jantung? dan baju senam jenis apa yang direkomendasikan?
    Thnks... :)

    BalasHapus