Minggu, 16 Maret 2014

8 Manfaat Olahraga Bagi Kesehatan

Bagikan Artikel Ini :
lari,lombaLatihan fisik adalah aktivitas yang dilakukan secara terencana, teratur dan berulang-ulang dalam intensitas tertentu dan berkesinambungan untuk meningkatkan taraf kesehatan dan kebugaran.


Berdasarkan buku Petunjuk Praktis Pemenuhan Kebutuhan Cairan dalam Latihan Fisik yang dirancang oleh Perhimpunan Dokter Spesialis Kedokteran Olahraga (PDSKO), beberapa manfaat latihan fisik yang dilakukan secara baik, benar, teratur, dan terukur, yaitu:

1. Meningkat kebugaran jantung paru, kekuatan dan ketahanan otot, kelenturan, keseimbangan, koordinasi, kecepatan dan tenaga.

2. Menurunkan kadar gula darah yang tinggi, tekanan darah tinggi, kadar kolesterol LDL tinggi, menurunkan obesitas (terutama massa lemak di dalam perut), menurunkan stres psikis.

3. Meningkatkan massa tulang, meningkatkan kadar kolesterol HDL, meningkatkan massa otot yang menurun akibat proses penuaan, membantu meningkatkan daya ingat dan konsentrasi serta daya tahan tubuh khususnya terhadap infeksi saluran napas atas, meningkatkan hormon endorfin yang memperbaiki mood dan rasa senang atau bahagia.

4. Meningkatkan fungsi seksual dan menjaga keseimbangan hormonal.

5. Menurunkan risiko kematian akibat penyakit penyakit jantung dan stroke, menurunkan risiko terkena diabetes melitus tipe 2, demensia (kemunduran fungsi otak), osteoporosis (pengeroposan tulang).

6. Mengembalikan atau memperbaiki fungsi fisik yang menurun akibat penyakit maupun trauma fisik.

7. Menurunkan risiko beberapa jenis kanker (payudara, kolon, prostat, dinding rahim) serta meningkatkan kualitas hidup dan kemampuan fisik pada pengidap kanker.

8. Satu-satunya cara mencapai tubuh ideal, proporsional, atletis dan sehat.

sumber:http://nationalgeographic.co.id/berita/2014/03/8-manfaat-latihan-fisik-bagi-kesehatan








 

ARTIKEL TERKAIT :

Comments
0 Comments

Tidak ada komentar:

Posting Komentar