Selasa, 13 Mei 2014

Wow, Di Luar Angkasa Air Kencing Astronot bisa Menjadi Energi

Bagikan Artikel Ini :
Baru-baru ini jurnal ACS Sustainable Chemistry & Engineering melansir, peneliti menemukan sistem baru untuk mendaur-ulang limbah astronot, yaitu air kencing mereka.

Daripada membuang limbah itu ke luar, teknik ini dapat mengubah limbah itu menjadi keuntungan, dengan mengonversinya sebagai energi dan minuman.


Eduardo Nicolau, Carlos R. Cabrera dan kolega mengemukakan, limbah manusia dapat mengotori luar angkasa, jika diendapkan secara jangka panjang.

Penelitian sebelumnya menunjukan, penanggulangan limbah menggunakan forward osmosis dan sel bahan bakar dapat menghasilkan energi baru.

Hal tersebut akhirnya menginspirasi tim Nicolau untuk membuat sistem daur ulang yang mengubah air kencing di luar angkasa.

Menggunakan forward osmosis, Nicolau menyaring urea sebagai komponen terbesar air kencing, dan memisahkannya dengan air.

Selanjutnya melalui UBE atau Urea Bioreactor System, urea dapat dikonversi menjadi amonia menggunakan bioreaktor.

Setelah menjadi amonia, sel bahan bakar akan mengubahnya menjadi energi.
Dengan adanya sistem daur ulang yang mengubah air kencing di luar angkasa, saat persediaan air menipis, kencing yang sudah diproses nantinya akan menjadi sumber minuman para astronot.

Pemrosesan air kencing sebagai minuman juga dapat menekan biaya, karena mengirim air dari bumi ke stasiun luar angkasa memerlukan biaya besar.

Sistem ini memang diperuntukkan untuk misi luar angkasa. Kenyataannya, menurut para ilmuwan, sistem UBE juga dapat digunakan untuk pengolahan limbah manusia, terkait dengan urea dan amonia.
sumber:http://intisari-online.com/read/di-luar-angkasa-air-kencing-astronot-bisa-menjadi-energi











 

ARTIKEL TERKAIT :

Comments
0 Comments

Tidak ada komentar:

Posting Komentar