Senin, 08 Februari 2016

7 Tips Ampuh Agar Hidup Anda Bebas Utang

Bagikan Artikel Ini :
Hasil gambar untuk hutangHidup terlilit hutang bukanlah impian semua orang. Namun faktanya, cukup sulit melepaskan diri dari jerat utang manakala pendapatan tak bisa menutupi kebutuhan.

Jika Anda merasa dompet sudah jebol karena tumpukan utang, sudah waktunya mulai berpikir menyelesaikan. Bila perlu resolusi hidup tanpa utang bisa diterapkan di tahun ini.

Memang hal itu tak semudah membalik telapak tangan. Namun dengan pemahaman yang makin berkembang, kini tips menghapus utang bisa Anda ketahui darimana saja, bahkan dapat dilakukan dengan cara-cara yang terbilang sederhana.

Berikut 7 Tips Ampuh Agar Hidup Anda Bebas Utang dilansir dari  cheatsheet.com, Sabtu (9/1/2016):



1. Kenali utang Anda
Ini tak seseram yang Anda bayangkan. Mulailah dengan mendata utang yang Anda punya. Termasuk utang-utang yang sudah berlebihan. Cari tahu berapa banyak bunga atau biaya yang Anda bayar untuk setiap utang. Cara ini akan membantu Anda memprioritaskan utang mana yang harus segera dilunasi.

2. Atur kembali pengeluaran
Jika tekad Anda menghapus utang, fokuslah pada upaya mengurangi belanja dan membayar utang lebih besar. Jika Anda termasuk orang yang doyan belanja, kenali kemana uang Anda biasa dihabiskan.

3. Susun ulang anggaran
Lihat buku tabungan dan tagihan kartu kredit lalu identifikasi apa saja yang bisa dipotong. Setelah tahu, mulailah berpikir ulang mengubah kebiasan belanja.

4. Hubungi pemberi pinjaman
Apabila Anda tidak lagi sanggup membayar, Anda dapat menghubungi pihak pemb eri pinjaman. Siapa tau mereka dapat memberi kelonggaran dan memberi jangka waktu pengembalian lebih lama. Ini bisa jadi solusi penting bagi Anda.

6. Alihkan uang Anda
Anda bisa saja mengubah cicilan menjadi 0 persen. Namun ini bukan cara terbaik yang bisa didapatkan. Anda bisa mengubah tingkat bunga dengan mengalihkan utang ke kartu kredit dengan bunga rendah. Namun ingat, ini hanya untuk mengulur waktu dan ta menghapus utang Anda.

7. Bayar yang berbunga besar
Bagi sejumlah pengutang, sangat masuk akal membayat utang dengan bunga besar. Istilah ini dikenal dengan nama snowballing. (Vna/Ndw)
sumber:http://bisnis.liputan6.com/read/2406567/7-jurus-ampuh-hidup-bebas-utang


 

ARTIKEL TERKAIT :

Comments
0 Comments

Tidak ada komentar:

Posting Komentar