Minggu, 24 Maret 2013

Dalam Dua Tahun, 48 Laptop NASA Dicuri

Bagikan Artikel Ini :
Tingkat keamanan di Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA) menuai kritik setelah diketahui kehilangan 48 komputer jinjing (laptop) dalam kurun dua tahun terakhir. Bahkan, salah satu laptop yang dicuri dalam kurun April 2009 hingga April 2011 itu tidak dienkripsi. Padahal laptop tersebut berisi informasi tentang Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS).


Menurut Inspektur Umum NASA, Paul Martin, dalam kesaksiannya di sub komite Kongres AS, hanya satu persen dari peralatan portable NASA yang dienkripsi. Sedangkan sisanya sebanyak 99 persen peralatan portable berisi data karyawan dan hasil karya intelektual mereka, tidak terlindungi. 

Selain kehilangan laptop, NASA juga mengalami serangan cyber. Dilaporkan pada tahun 2011 lalu terjadi 13 serangan cyber ke NASA. Ketika diselidiki, ternyata alamat Internet Protocol (IP) yang digunakan sang hacker ternyata berasal dari China.

Namun, serangan sudah terlanjur terjadi ke salah satu lab penting NASA, Jet Propulsion Laboratory (JPL). Lab ini merupakan lab kunci karena menangani 23 pesawat luar angkasa untuk misi yang masih aktif. Termasuk misi ke Jupiter, Mars, dan Saturnus.

Dikatakan Martin, hacker tersebut mendapat akses penuh. Hingga memungkinkannya untuk mencetak ulang, mengubah, atau bahkan menghapus data-data sensitif. "Hasil penelusuran kami menunjukkan si penyusup berhasil masuk ke salah satu akun pengguna utama JPL. Membuat si penyusup memiliki akses ke jaringan JPL," kata Martin dalam kesaksiannya dilansir dari Reuters, Sabtu (3/3).

Serangan cyber lain yang terjadi di tahun 2011 lalu juga menyebabkan hilangnya akses 150 karyawan ke sistem NASA. Menurut juru bicara NASA, Michael Cabbagehe, untuk mencegah kerusakan lebih lanjut, pihaknya akan menerapkan sistem keamanan baru yang dirancang melalui kantor Inspektur Umum. Namun, ditegaskan Cabbagehe, tidak ada program ISS yang terancam karena penyusupan ini.
thanks to:(Reuters, PC World)  http://nationalgeographic.co.id/berita/2012/03/dalam-dua-tahun-48-laptop-nasa-dicuri




TERIMAKASIH SUDAH BERKUNJUNG KE BLOG INI, SEMOGA ARTIKEL INI MENAMBAH WAWASAN & MEMBERIKAN MANFAAT BAGI KITA SEMUA YANG MEMBACANYA...JANGAN LUPA UNTUK SELALU BERKUNJUNG KEMBALI...KARENA MASIH BANYAK ARTIKEL MENARIK LAINNYA YANG MENUNGGU UNTUK DIBACA OLEH PARA SOBAT SEMUA.

SELURUH ISI DARI BLOG INI BOLEH DI COPY-PASTE/DISEBARLUASKAN DENGAN SYARAT MENCANTUMKAN LINK SUMBER DARI BLOG INI. THANKS... !




ARTIKEL TERKAIT :

Comments
1 Comments

1 komentar:

  1. Howdy! Dо you know if they make any plugins to assіst with Seаrch Engine Optіmization?
    I'm trying to get my blog to rank for some targeted keywords but I'm not sеeіng verу good gains.
    Іf уou knоw of any рlеase ѕharе.

    Many thanκѕ!

    Heгe is my ωebpage: Trenes en miniatura. Escala HO

    BalasHapus