Senin, 29 April 2013

Ternyata dinosaurus juga erami telurnya seperti burung

Bagikan Artikel Ini :
Anggapan bahwa dinosaurus adalah keluarga reptil memang benar. Namun, ternyata beberapa perilakunya bisa dikatakan lebih mirip dengan burung modern.

Seperti yang dilansir oleh The Verge (23/4), salah satu dari perilaku tersebut adalah ketika mereka mengerami telurnya. Berbeda dengan reptil kebanyakan, salah satu dinosaurus dengan nama Troodon lebih memilih mengerami telurnya seperti yang diperlihatkan cara burung.

Hal ini diketahui pertama kali oleh para peneliti setelah menemukan berbagai cangkang telur Troodon di Amerika Utara. Dari tempat penemuannya, diperkirakan telur-telur ini dikubur dengan lumpur dan dierami induknya hingga menetas.

Jadi, para peneliti pun mengambil kesimpulan bahwa apa yang dilakukan Troodon ini mirip dengan perilaku burung modern. "Menurut kalkulasi kami, cangkang telur Troodon sangat mirip dengan burung, jadi, bisa disimpulkan bahwa dinosaurus tidak begitu saja mengubur telurnya seperti yang dilakukan oleh buaya," kata Darla Zelenitsky dari the University of Calgary.

Kalkulasi yang dimaksud adalah para ahli menghitung tebal permukaan cangkang telur antara burung modern, buaya, dan dinosaurus. Dari sini, diketahui bahwa telur burung , terutama burung Egyptian plover, memiliki permukaan yang sama dengan dinosaurus, yaitu berlapiskan lumpur.

Maka, bisa diketahui bahwa telur dinosaurus ini cara mengeraminya juga mirip dengan Egyptian plover. Sementara, untuk buaya sendiri selama ini cenderung mengubur dan meninggalkan begitu saja telurnya hingga menetas.
sumber:http://www.merdeka.com/teknologi/ternyata-dinosaurus-juga-erami-telurnya-seperti-burung.html






TERIMAKASIH SUDAH BERKUNJUNG KE BLOG INI, SEMOGA ARTIKEL INI MENAMBAH WAWASAN & MEMBERIKAN MANFAAT BAGI KITA SEMUA YANG MEMBACANYA...JANGAN LUPA UNTUK SELALU BERKUNJUNG KEMBALI...KARENA MASIH BANYAK ARTIKEL MENARIK LAINNYA YANG MENUNGGU UNTUK DIBACA OLEH PARA SOBAT SEMUA.

SELURUH ISI DARI BLOG INI BOLEH DI COPY-PASTE/DISEBARLUASKAN DENGAN SYARAT MENCANTUMKAN LINK SUMBER DARI BLOG INI. THANKS... !

 


 

ARTIKEL TERKAIT :

Comments
0 Comments

Tidak ada komentar:

Posting Komentar