Senin, 16 Desember 2013

Warna Air Seni Menentukan Kesehatan Tubuh Anda

Bagikan Artikel Ini :

Warna, banyak, dan bau urine Anda dapat memberitahukan banyak hal terkait kesehatan tubuh Anda.Ini bukanlah sesuatu yang sering Anda pikirkan, namun warna dari air seni atau air kencing Anda dapat memberitahukan banyak hal mengenai kesehatan tubuh Anda. Warna urine Anda tersebut dapat membantu Anda menentukan apakah ada yang salah dengan tubuh Anda dan mengantisipasinya.


Sekilas mengenai air seni Anda

Air seni atau urine manusia dapat menunjukkan banyak sekali hal mengenai kesehatan tubuh Anda dimulai dari warna, banyaknya, hingga bau dari urine tersebut. Namun cara termudah tentunya adalah dengan melihat warna air seni Anda.

Kita tidak akan membicarakan hal-hal kompleks mengenai proses kimia bagaimana urine Anda dapat memiliki warnanya tersebut, namun pada dasarnya warna itu tergantung dari makanan yang Anda makan, medikasi, pewarna makanan, banyaknya air yang diminum, aktivitas dan waktu berlalu. Itu semua akan berakhir ke warna tertentu pada air seni atau air kencing Anda yang dapat menunjukkan kemungkinan masalah terkait tubuh Anda dan memberikan Anda waktu untuk mengantisipasinya.


Arti kesehatan tubuh Anda berdasar pada warna urine

Warna-warna dari air seni di bawah ini hanyalah sebagai referensi dasar dan jika Anda memang berpikir ada yang benar-benar salah dengan tubuh Anda, solusi terbaik tentunya adalah mengunjungi dokter. Berikut apa yang dikatakan warna air kencing Anda mengenai kesehatan tubuh Anda.



 Warna urine yang transparan menandakan Anda minum terlalu banyak airTidak Berwarna atau Transparan Anda minum terlalu banyak air, kurangi banyaknya air yang Anda minum.

   Warna urine pucat kekuningan menandakan Anda normal, sehat dan minum cukup air

Pucat Kekuningan
Anda normal, sehat, dan minum air yang cukup (tidak berlebih, tidak kekurangan)
 Warna urine yang kungin transparan menandakan Anda normal

Kuning Transparan
Anda normal.

Warna air seni yang kuning gelap menandakan normal namun baiknya minum air

Kuning Gelap
Anda normal, tapi baiknya lagi jika Anda minum air secepatnya.



Warna urine seperti madu atau kuning oranye menandakan kurangnya minum air

Madu atau Kuning Orange
Tubuh Anda tidak mendapatkan asupan air yang cukup, minumlah sekarang.

Warna air kencing yang coklat terang menandakan kemungkinan penyakit liver atau dehidrasi

Coklat Terang
Anda memiliki kemungkinan penyakit liver (hati) atau dehidrasi berlebih. Minumlah air dan kunjungi dokter jika warna tetap tidak berubah.

Warna air seni yang pink atau kemerahan dapat menandakan ada darah pada urine Anda

Pink atau Kemerahan
Apakah belakangan ini, Anda ada makan buah bit, blueberry atau kelembak (rhubarb)? Jika tidak, maka urine Anda mungkin mengandung darah. 

Itu bisa tidak berarti apapun, atau kemungkinan penyakit ginjal, tumor, infeksi kandung kemih, masalah prostat, bahkan kemungkinan keracunan merkuri. Kunjungi dokter secepatnya.

Warna urine oranye dapat terjadi jika ada kondisi liver atau saluran empedu namun juga bisa terjadi karena pewarna makanan

Oranye
Anda mungkin tidak cukup minum air, atau ada kemungkinan akan kondisi liver (hati) atau kondisi saluran empedu. Namun juga dapat berasal dari bahan pewarna makanan. Hubungi dokter Anda.

Warna air seni yang biru atau hijau dapat terjadi karena kondisi gen, bakteri, dan pewarna makanan

Biru atau Hjau
Ini sangatlah jarang terjadi dan kemungkinan besar terjadi atas kondisi genetik. Kemungkinan lain adalah bakteri pada kandungan kemih, medikasi, atau pewarna makanan. Tidak berbahaya, namun hubungi dokter Anda jika warna tetap tidak berubah.

Sampai sekarang belum diketahui ada urine atau air seni yang berwarna ungu

Ungu
Tidak ada urine yang berwarna ungu.



Air kencing yang berbusa dapat terjadi karena efek pada air atau masalah ginjal.

Berbusa atau mengeluarkan suara desis
Dapat terjadi karena efek air, namun dapat juga mengindikasikan protein berlebih atau masalah ginjal. Jika terjadi secara terus menerus baru hubungi dokter.

Deskripsi dan gambar di atas berasal dari infografik di Cleveland Clinic yang dimunculkan pada popular science.

Dunia kasat mata pada urine Anda

Dengan melihat warna urine Anda, maka Anda dapat mengatakan banyak hal mengenai kesehatan tubuh Anda namun ada hal yang mungkin tidak terlihat pada urine Anda, yakni darah. Urine Anda dapat saja mengandung darah yang kasat mata, oleh karena itu terkadang dokter meminta sample urine Anda dan itu adalah hal yang baik.
sumber:http://www.tahupedia.com/content/show/338/Bagaimana-Warna-Air-Seni-Menentukan-Kesehatan-Tubuh-Anda






ARTIKEL TERKAIT :

Comments
0 Comments

Tidak ada komentar:

Posting Komentar