Jumat, 21 Februari 2014

Malware & Phishing Ancam Pengguna Twitter dan Facebook Indonesia

Bagikan Artikel Ini :
Mungkin Anda pernah mengalami akun jejaring sosial Anda seperti Facebook ataupun Twitter tiba-tiba mengunggah status atau tweet secara otomatis? Itulah salah satu dampak dari serangan bernama phishing.
Phising merupakan salah satu tindakan cyber crime yang bertujuan untuk memperoleh informasi pribadi pengguna seperti password dan ID jejaring sosial sampai PIN rekening bank.


Akhir-akhir ini, fenomena kejahatan phishing sendiri makin marak beredar baik di Facebook maupun Twitter dan makin banyak pengguna kedua jejaring sosial tersebut yang berasal dari Indonesia menjadi korban.

Bahkan menurut pantaun merdeka.com, salah satu akun Twitter mantan calon Gubernur DKI Jakarta dan pakar ekonomi, Faisal Basri, dengan akun @FaisalBasri juga sempat menjadi korban aksi phising ini.

Phising sendiri biasanya diluncurkan oleh pihak tertentu dengan menyebar link-link terkait topik yang sedang banyak dibicarakan agar pengguna terpancing untuk membuka link tersebut.

Akan tetapi, setelah dibuka, bukan menuju ke halaman topik terkait, malah dialihkan ke domain tertentu yang berisikan malware yang dapat langsung meretas akun jejaring sosial dan mengambil data berupa User ID dan password secara otomatis.

Setelah mendapatkan akses data tersebut, maka akun Anda akan dimanfaatkan untuk mengunggah tweet yang berikan jebakan link phising lain ataupun tweet promosi untuk kepentingan komersial.
Jadi sebagai pengguna Twitter dan Facebook, Anda sebaiknya lebih berhati-hati dan tidak membuka link sembarangan untuk menghindari aksi phishing ini.
sumber:http://www.merdeka.com/teknologi/bahaya-phishing-ancam-pengguna-twitter-dan-facebook-indonesia.html










 

ARTIKEL TERKAIT :

Comments
0 Comments

Tidak ada komentar:

Posting Komentar