Kamis, 25 Agustus 2016

7 Tips Menghadapi Situasi Stress Tanpa Harus Marah-marah

Bagikan Artikel Ini :
Rasa gatal pada kulit yang mengakibatkan permukaan kulit seperti bengkak atau ruam ternyata dapat terjadi akibat kondisi stres"Grrrr....", "Fyuuh..." ataupun gerakan fisik lainnya kerap dilakukan ketika kita sedang stres. Cara-cara tersebut bila dilakukan sepertinya bisa melepaskan stres atau kekesalan yang melanda. Namun sebenarnya ketika Anda melakukan hal tersebut membuat orang-orang di sebelah yang sebenarnya tidak memiliki masalah jadi terganggu.

Lalu apa yang bisa dilakukan dalam melepaskan stres tanpa mengeluh?


Menurut Livestrong, stres kronis dapat membahayakan ingatan serta membuat Anda jadi mudah murung dan tersinggung. Lalu hal ini memengaruhi pencernaan dan sistem kekebalan tubuh.

Namun, mengeluh bukan satu-satunya cara untuk melepaskan stres. Ada banyak cara kok agar stres berkurang seperti diungkap laman Bustle, Minggu (14/8/2016).

1. Pijat

Daripada marah-marah lebih baik mendatangi panti pijat untuk mendapatkan pijatan agar tubuh rileks. Menurut dokter Mark Rapaport, orang yang melakukan studi terhebat 53 orang dewasa bisa mengurangi stres serta meningkatkan sel darah putih (hal ini bisa mendorong sistem kekebalan tubuh). Lalu, sentuhan pijatan juga bisa meningkatkan kadar oksitosin.

2. Menonton sesuatu yang lucu

Segera buka video-video lucu seperti aksi kucing menggemaskan ataupun aksi para komik stand up comedy. Menonton video-video lucu bisa membuat Anda tertawa sehingga mudah membuat semangat kembali bangkit.

Penelitian di Happify menunjukkan tertawa bisa menurunkan stres, meningkaktan kekebalan tubuh, serta meningkatkan imunitas tubuh.

3. Olahraga

Tidak peduli seberapa Anda tidak suka olahraga, ini merupakan cara mudah paling mudah melepaskan stres. Menurut penelitian yang dilakukan Happify, orang yang berolahraga 30 menit bisa menurunkan kesedihan serta menurunkan perasan marah dan depresi.

4. Tulis kekesalan

"Ada banyak cara untuk melepaskan stres tanpa mengganggu orang lain," kata psikolog Nicole Martinez.
Mulai dari yoga, mendengarkan musik, menonton film lucu, serta menuliskan kekesalan di jurnal. Aktivitas tersebut mampu membuat distraksi sementara bila sambil menuliskan kekesalan bisa jadi salah satu cara refleksi dan menurunkan kekesalan.

5. Makan pisang

Menurut LifeHack, makan pisang bisa menurunkan kecemasan. Hal ini terjadi karena ada kandungan potasium di dalamnya.

6. Kunyah permen karet

Tak hanya bagus bagi pernapasan, tapi mengunyah permen karet juga bisa menurunkan tingkat stres.

7. Bercinta

Jika kekesalan dirasakan di rumah namun pasangan menginginkan, lakukannya kegiatan bercinta karena bisa menurunkan stres. Menurut WebMD, gairah seksual saat bercinta melepaskan zat kimia di otak sehingga meningkatkan rasa bahagia.
sumber:http://health.liputan6.com/read/2576628/7-cara-lepaskan-stres-tanpa-mengeluh



 

ARTIKEL TERKAIT :

Comments
0 Comments

Tidak ada komentar:

Posting Komentar