Kamis, 10 Januari 2013

Hidup Sukses Bebas Hutang

Bagikan Artikel Ini :

Pengertian hutang adalah

“Uang atau jasa yang dipinjamkan oleh pihak lain, merupakan kewajiban resmi dari sebuah usaha yang timbal balik dari perjanjian tertulis maupun lisan.”

Hutang bisa menjadi berkah atau musibah, tergantung bagaimana kita menyikapinya.

Hutang akan menjadi berkah jika hutang tersebut adalah hutang yang produktif, dengan kata lain hutang tersebut digunakan sebagai modal untuk membuka usaha yang bisa menghasilkan profit, sehingga kita bisa membayar hutang dengan profit yang kita peroleh. Sebaliknya, hutang akan menjadi musibah jika kita menggunakannya untuk memenuhi kebutuhan harian kita yang cenderung bersifat konsumtif atau kita gunakan untuk bersenang-senang saja tanpa menghasilkan profit yang bisa kita gunakan untuk membayarnya kembali.
Ironisnya justru banyak orang di sekitar kita yang terjebak dan terlilit hutang hanya karena mereka ingin memenuhi kebutuhan mereka dan juga  karena pola hidup mereka yang konsumtif yang kurang sehat yang menjadi “dosa” dan membawa mereka ke “neraka” hutang.
Dalam artikelnya Nikmatnya Hidup Bebas Hutang, Andrie Wongso menambahkan catatan penting mengenai “dosa” yang harus dihindari (menurut seorang wealth planner dan pakar ekonomi mikro dan keluarga Aidil Akbar), antara lain adalah:

1.     Sering berharap dari penghasilan di masa datang untuk membayar hutang   sekarang.
2.     Menikmati kesenangan berlebihan sekarang dan bayarnya memakai hutang.
3.     Seringkali terlalu gengsi dengan teman, tetangga atau anggota keluarga.
4.     Seringkali kurang peduli dengan urusan keuangan.
5.     Terlalu sering berfoya-foya.
6.     Lupa membuat tujuan atau anggaran keuangan.
7.     Kehidupan sosial yang berlebihan.

Bahkan menurutnya ada 3 lagi hal utama yang mengakibatkan hutang menumpuk, yaitu: penghasilan yang kekecilan, pengeluaran berlebihan dan penyakit berbelanja. Orang yang begitu tanpa menyadari bahwa penghasilannya lebih kecil atau tidak sebanding dengan biaya yang harus dikeluarkan akan berakibat orang tersebut memiliki hutang menumpuk.
Masih dalam artikelnya, Mr. Luar Biasa menuliskan beberapa langkah yang direkomendasikan oleh ahli psikologi Kelly Mcgonigal agar bisa lebih santai dan tidak terlalu terbebani hutang, yaitu :

Ubah perspektif
Saat akan berhutang, tanya pada diri sendiri hal terburuk apa yang terjadi jika berutang. Jangan tergoda berutang hanya untuk memenuhi kebiasaan konsumtif yang kurang sehat dan kurang bermanfaat.

Buat jurnal pribadi
Buat catatan pribadi mengenai apa yang menjadi masalah dan solusinya, berkaitan dengan berbagai kebutuhan dan keinginan atau godaan yang sering muncul untuk memenuhi kenikmatan atau kesenangan sesaat. Dengan begitu kita tidak akan terjebak utang.

Buat langkah penting untuk merencanakan keuangan
Jika kita berencana atau terlanjur berhutang bahkan sama sekali belum punya hutang maka harus mematangkan rencana keuangan dengan baik karena dengan begitu kita pasti akan lebih mudah mengatur semua dana yang kita miliki.
Langkah yang telah dirangkum Andrie Wongso yang harus dilakukan jika terlanjur punya hutang adalah:
  • Prioritaskan membayar hutang dengan bunga tinggi, misalnya lintah darat, perkreditan dsb
  • Lunasi hutang yang sifatnya untuk memenuhi kebutuhan keluarga, misal bayar sekolah anak.
  • Lihat barang-barang yang dibeli dengan hutang, apakah barang itu benar-benar kita perlukan atau tidak? Apakah nilainya juga sudah sesuai dengan kemampuan bayar kita?
  • Kalkulasikan seluruh hutang kita, jika tahu jumlah hutang sudah menumpuk, maka pastikan kita tidak tergoda untuk berhutang lagi.
  • Hutang yang harus dibayar setiap bulannya harus tidak lebih dari 30% pendapatan kita.
  • Negosiasikan hutang, baik jadwal bayar maupun bunganya.
Jadi kita harus bijaksana dalam menyikapi hutang karena hutang bisa jadi berkah atau sebaliknya akan menjadi musibah dan tentunya tujuan kita adalah hidup sukses bebas hutang.


MARI KITA MEMULAI HIDUP UNTUK TIDAK BERHUTANG, MEMANG PADA AWALNYA BERAT APALAGI JIKA KITA SUDAH KEBIASAAN UNTUK SELALU BERHUTANG. TETAPI PERCAYALAH HIDUP BEBAS HUTANG BISA KITA LAKUKAN ! DAN SUDAH PASTI BILA KITA HIDUP TANPA HUTANG AKAN MENJADI LEBIH NIKMAT MENJALANI KEHIDUPAN INI. TERIMAKASIH SUDAH BERKUNJUNG KE BLOG INI, SEMOGA ARTIKEL INI BERMANFAAT BAGI KITA SEMUA YANG MEMBACANYA






ARTIKEL TERKAIT :

Comments
1 Comments

1 komentar:

  1. Assalamualaikum wbr,salam sejahtera untuk kalian yang sempat membaca postingan ini,kenalkan saya Wati dari Garut,saya hanya ingin berbagi sedikit pengalaman saya,dulu saya keryawan yang digaji 800rb per bulan saya punya dua anak yang masih kecil,suami saya meninggalkan saya saat lahirkan anak kedua saya,keadaan ekonomi membuat saya pinjam sana sini dan tidak terasa hutang saya mencapai ratusan juta di rentenir,saya sempat putus asa dan stres titik terendah saya pada saat anak saya nangis kelaparan dan saya tidak punya uang sepeserpun sempat saya mau mengakhiri hidup saya tapi anak saya membuat saya semangat menghadapi semuanya,dan pada akhirnya saya tampa sengaja dan tidak tau dari mana saya melihat nomor tlpon KY.Semar Sakti dan menghubungi nomor tsb,saya dikasi solusi tapi awalnya saya tidak percaya sampai saya beranikan diri mengikuti saran beliau dan alhamdulillah saya sekarang sudah sukses dan punya toko kecil2lan terima kasih saya ucapkan kepada aki dan kepaa allah swt berkat ini semua saya sukses dan bisa membiayai anak2 saya,ini pegalaman nyata tampa rekayasa demi allah,dan bagi teman2 yang mau seperti saya silahkan hub Aki di nomor 085-2111-741-25 insya allah aman,maaf kalau ada yang tidak suka dengan postingani ini saya mohon maaf saya hanya ingin berbagi,assalamualaikum wrb.






































































































































    Assalamualaikum wbr,salam sejahtera untuk kalian yang sempat membaca postingan ini,kenalkan saya Wati dari Garut,saya hanya ingin berbagi sedikit pengalaman saya,dulu saya keryawan yang digaji 800rb per bulan saya punya dua anak yang masih kecil,suami saya meninggalkan saya saat lahirkan anak kedua saya,keadaan ekonomi membuat saya pinjam sana sini dan tidak terasa hutang saya mencapai ratusan juta di rentenir,saya sempat putus asa dan stres titik terendah saya pada saat anak saya nangis kelaparan dan saya tidak punya uang sepeserpun sempat saya mau mengakhiri hidup saya tapi anak saya membuat saya semangat menghadapi semuanya,dan pada akhirnya saya tampa sengaja dan tidak tau dari mana saya melihat nomor tlpon KY.Semar Sakti dan menghubungi nomor tsb,saya dikasi solusi tapi awalnya saya tidak percaya sampai saya beranikan diri mengikuti saran beliau dan alhamdulillah saya sekarang sudah sukses dan punya toko kecil2lan terima kasih saya ucapkan kepada aki dan kepaa allah swt berkat ini semua saya sukses dan bisa membiayai anak2 saya,ini pegalaman nyata tampa rekayasa demi allah,dan bagi teman2 yang mau seperti saya silahkan hub Aki di nomor 085-2111-741-25 insya allah aman,maaf kalau ada yang tidak suka dengan postingani ini saya mohon maaf saya hanya ingin berbagi,assalamualaikum wrb.

    BalasHapus