Jumat, 15 Maret 2013

Biografi Paus Baru Jorge Mario Bergoglio

Bagikan Artikel Ini :
Data diri
Nama lengkap : Jorge Mario Bergoglio
Tanggal lahir : 17 Desember 1936 (sekarang berumur 76)
Tempat lahir : Buenos Aires, Argentina
Warganegara : Argentina (dan Vatikan)
Agama : Katolik Roma

Karir dan jabatan
Posisi sebelumnya :
Uskup Agung Buenos Aires (1998-2013)
Kardinal Imam Gereja San Roberto Bellarmino (2001–2013)
Ordinaris untuk umat Gereja Katolik Ritus Timur di Argentina (1998-2013)
Uskup Auksilier Buenos Aires (1992-1997)
Uskup Tituler Auca (1992-1997)
Tanggal penugasan
Penahbisan : 13 Desember 1969
Konsekrasi : 27 Juni 1992
Menjadi Kardinal : 21 Februari 2001

Paus Fransiskus adalah Paus ke 266 yang terpilih pada 13 Maret 2013. Dengan demikian, ia adalah pemimpin Gereja Katolik Roma dan memipin kurang lebih 1,2 Miliyar umat Katolik di Bumi. Dalam tanggal penugasan sangat jelas jabatan hingga dia terpilih menjadi Paus adalah menjadi kardinal dan Uskup Agung Buenos Aires mulai tahun 1998 sampai 2013.

Jorge Mario Bergoglio, menjadi Paus yang ke 266 menggantikan tugas Paus Benediktus XVI mungkin menjadi PR besar Paus-paus baru tak terutama juga Paus Fransiskus, seperti isu peraturan pencucian uang, aborsi, homo seksual, skandal fedofilia, dan sejumlah persoalan gereja lainnya di dunia.

Secara langsung Paus Fransiskus menyapa jutaan umat Katolik yang pertama kali saat tampil di balkon Basilika Santo Petrus 13 Maret 2013 waktu Vatikan.

Uskup Agung yang berumur 76 tahun dari Argentina ini nantinya akan mendapat julukan Paus Francis. Ia telah menghabiskan seluruh karier keuskupannya di Argentina dan mengawasi gereja-gereja di kawasan Amerika Selatan. Dilansir dari Tempo.co, ternyata Jorge Bergoglio pernah mengantongi suara terbanyak kedua pada pemungutan suara pada pemilihan Paus yang diadakan di tahuin 2005 lalu.

Terpilihnya Bergoglio sebagai Paus baru cukup mengejutkan beberapa pihak. Salah satunya adalah Christopher Bellito yang mengatakan sangat terkejut dengan terpilihnya kardinal Argentina tersebut. Namun Christopher menambahkan bahwa Bergoglio memiliki keunggulan pada kesederhanaannya dalam melayani gereja Katolik dengan baik. 

Jorge Bergoglio dikenal dalam modernisasi gereja di Argentina yang dikenal paling konservatif di Amerika Latin. Ia juga dikenal sangat konservatif terhadap isu-isu spiritual seperti menentang aborsi, pernikahan sesama jenis, dan mendukung selibat. Jorge pernah menyerang imam yang menolak untuk membaptis anak-anak yang lahir di luar nikah pada tahun 2012 lalu. 

Ia menyebut hal itu sebagai ”neo-klerikalisme yang ketat dan munafik.” Diberitakan oleh sumber yang sama, Bergoglio pernah bersimpati untuk korban HIV-AIDS. Pada tahun 2001 lalu Bergoglio mengunjungi rumah sakit untuk mencium kaki puluhan pasien AIDS. Bergoglio juga dikabarkan sering naik bus untuk bekerja serta memasak makanannya sendiri. 

Di Argentina, ia juga secara teratur mengunjungi daerah kumuh. Menurut Bergoglio, penjangkauan sosial adalah pekerjaan utama gereja bukan pertempuran doktrinal. Menurut Paus baru ini, banyak dari pemimpin gereja Katolik yang berubah menjadi munafik dan lupa bahwa Yesus Kristus juga pernah bergaul dengan penderita kusta dan makan dengan para pelacur. “Yesus mengajarkan kita cara lain, “Keluarlah. 

Keluarlah dan bagikan kesaksian Anda, keluarlah dan berinteraksi dengan saudara Anda, pergi keluar dan berbagi, pergi keluar dan jadilah firman dalam tubuh serta semangat kita,” kata Bergoglio di Argentina pada tahun lalu. Saat menjabat sebagai kardinal di Argentina, Bergoglio pernah berupaya untuk memperbaiki reputasi gereja yang telah kehilangan banyak pengikut karena menentang pembunuhan diktator Argentina dari tahun 1976-1983. Terakhir, Bergoglio juga pernah mengkritik langkah Presiden Cristina Kirchner yang terkait dengan berbagai isu termasuk pernikahan gay dan pembagian kontrasepsi gratis untuk warganya. 


TERIMAKASIH SUDAH BERKUNJUNG KE BLOG INI, SEMOGA ARTIKEL INI MENAMBAH WAWASAN & MEMBERIKAN MANFAAT BAGI KITA SEMUA YANG MEMBACANYA...JANGAN LUPA UNTUK SELALU BERKUNJUNG KEMBALI...KARENA MASIH BANYAK ARTIKEL MENARIK LAINNYA YANG MENUNGGU UNTUK DIBACA OLEH PARA SOBAT SEMUA.

SELURUH ISI DARI BLOG INI BOLEH DI COPY-PASTE/DISEBARLUASKAN DENGAN SYARAT MENCANTUMKAN LINK SUMBER DARI BLOG INI. THANKS... !

 


ARTIKEL TERKAIT :

Comments
2 Comments

2 komentar:

  1. semoga dengan terpilihnya Paus yang Baru, saya berharap agar umat beragama di seluruh dunia tetap menjaga kedamaian.

    BalasHapus