Minggu, 18 Agustus 2013

Mendengarkan Mozart membuat pikiran lebih fokus!

Bagikan Artikel Ini :
Beberapa orang minum kopi untuk meningkatkan konsentrasi. Beberapa mengunyah permen karet atau mendengarkan musik. Setiap orang mungkin memiliki cara mereka sendiri untuk meningkatkan fokus, namun penelitian terbaru menunjukkan bahwa musik Mozart adalah yang terbaik.


Mendengarkan Mozart diketahui bisa meningkatkan kemampuan otak serta membantu pikiran agar lebih fokus, seperti dilansir oleh penelitian terbaru. Penelitian ini menunjukkan bahwa mendengarkan minuet dari Mozart bisa meningkatkan kemampuan otak baik bagi orang dewasa maupun anak muda. Musik ini bisa membantu mereka berkonsentrasi dan menyelesaikan tugas.

"Musik berevolusi untuk membantu menghilangkan stres yang bisa mengganggu kemampuan kognitif manusia," ungkap Profesor Nobuo Masataka dari japan's Kyoto University dan Dr Leonard Perlovsky dari Harvard University yang memimpin penelitian.

Peneliti menemukan hasil ini setelah mengamati 35 anak berusia delapan dan sembilan tahun serta 25 orang dewasa berusia 65 sampai 75 tahun yang diminta untuk melakukan sebuah tes Stroop, seperti dilansir oleh Daily Mail (01/07).

Tes ini berguna untuk menguji kekuatan mental dan pikiran seseorang dengan meminta mereka menyebutkan warna dari tulisan yang menyebutkan warna berbeda. Misalkan sebuah tulisan 'merah' ditulis dalam warna biru. Peserta diminta untuk menyebutkan warna tulisan tersebut, yaitu biru, bukan merah.

Hasilnya, kedua kelompok berhasil mengidentifikasi dan mengerjakan tes dengan baik dan cepat ketika mereka mendengarkan musik Mozart yang original. Ketika membandingkan dengan jenis musik lain yang menenangkan, hasilnya tak lebih bagus daripada musik Mozart.

Hasil penelitian ini menunjukkan bukti tambahan bahwa musik Mozart bisa membantu meningkatkan daya pikir dan konsentrasi seseorang, baik muda maupun tua. Penelitian sebelumnya telah menunjukkan bahwa musik Mozart memang memiliki manfaat bagi otak. Para peneliti menyebutnya sebagai 'Mozart Effect'.
sumber:http://www.merdeka.com/sehat/mendengarkan-mozart-membuat-pikiran-lebih-fokus.html




TERIMAKASIH SUDAH BERKUNJUNG KE BLOG INI, SEMOGA ARTIKEL YANG ANDA BACA MENJADI BERMANFAAT DAN MENAMBAH WAWASAN. JANGAN LUPA UNTUK KEMBALI BERKUNJUNG, KARENA MASIH BANYAK ARTIKEL MENARIK LAINNYA YANG MENUNGGU UNTUK DIBACA OLEH ANDA SEMUANYA.

SELURUH ISI BLOG INI BOLEH DI COPY-PASTE/ DISEBARLUASKAN DENGAN SYARAT MENCANTUMKAN SUMBER LINK DARI BLOG INI. THANKS...!



 

ARTIKEL TERKAIT :

Comments
0 Comments

Tidak ada komentar:

Posting Komentar