Selasa, 07 Januari 2014

5 Hal yang Menghancurkan Tidur Malam

Bagikan Artikel Ini :
Setiap orang menginkan tidur malam yang nyenyak. Tapi apa lacur, banyak dari mereka justru merasakan kesulitan saat tidur malam alih-alih mendapatkan kenikmatan. BBC melansir, ada lima hal yang kerap menghancurkan tidur malam manusia.




 

1. Lingkungan yang tak nyaman dan berisik
Saat mulai tidur, otot dan anggota badan lainnya akan berkurang energinyan dan mulai mengambil posisi santai. Setelah setengah jam tidur ringan, kita akan memasuki tidur nyenyak yang membuat orang sulit dibangunkan. Meski demikian, ada beberapa hal yang mampu mengusiknya, salah satunya adalah suara yang terdengar begitu keras.
Ketika tidur, talamus akan memblokir seluruh informasi dari indera ke otak. Meski ada perubahan pada neurokimia yang menjadikan kita tidur lebih nyenyak, itu tidak menjadi jaminan kita bisa pulas. Itu karena sistem kerja talamus ternyata tidak cukup efektif untuk membendung suara yang terdengar keras.
 
2. Zat-zat stimulus
Kopi, alkohol, dan makan-makanan berat tidak terlalu dianjurkan dikonsumsi menjelang tidur. Caffein misalnya, ia akan meninggalkan banyak sisa stimulus di dalam sistem tubuh selama berjam-jam, yang mengakibatkan organ tetap aktif.
Begitu juga dengan alkohol. Terlalu banyak meminum alkohol sesaat sebelum tidur, akan mengakibatkan mendengkur, sehingga sulit untuk bernapas dan membuat lebih gelisah. Meski di awal alkohol sangat membantu untuk tidur cepat. Tapi ketika pengaruh alkohol mulai hilang, ia akan membuat tubuh kembali ke tidur ringan dan lebih mudah untuk dibangunkan.
Makanan yang berlemak dan pedas juga akan membuat perut mulas dan sangat berpotensi menghalangi tidur. Belum lagi tiramin yang didapat dari daging, keju, dan kacang-kacangan, akan membuat kita tetap terjaga di malah hari.
 
3. Suhu tubuh tidk teratur
Soal suhu tubuh, idealnya untuk mempersiapkan diri untuk tidur adalah setengah lebih sedikit dari suhu pada siang hari. Suhu tubuh yang terlalu hangat akan menyebabkan kegelisahan dan ketidaknyamanan.

4. Stress
Stress adalah musuh utama tidur. Di tempat tidur, jangan pernah biarkan pikiran bebas melayang, apalagi cemas, karena akan itu akan membuat kondisi tidur buruk. Salah satu saran yang paling manjur adalah, ketika stress, lakukan kegiatan yang bisa mengalihkan kita dari sesuatu yang membuat stress; bermain teka-teki misalnya, sebelum akhirnya mencoba untuk tidur.
 
5. Kebiasaan
Manusia memiliki ribuan sistem tubuh yang akan memberi tahu tuannya saat merasa lelah, dan secara serentak melalukan sinkronisasi antar sistem. Tapi itu tidak akan berlaku jika tabiat kita untuk menuruti kehendak tidur terus terabaikan; kebiasaan begadang misalnya, yang ujung-ujungnya membuat kita kurang tidur.
sumber:http://intisari-online.com/read/5-hal-yang-menghancurkan-tidur-malam-





 

ARTIKEL TERKAIT :

Comments
0 Comments

Tidak ada komentar:

Posting Komentar