Rabu, 25 Juni 2014

6 Makanan yang Membuat Otak Sehat

Bagikan Artikel Ini :
6 Makanan yang Membuat Otak Sehat - Otak, seperti juga organ tubuh yang lain, membutuhkan nutrisi yang bisa membuatnya berfungsi dengan baik. Selain itu, mengonsumsi makanan yang sehat dan segar juga penting untuk kesehatan mental dan kesehatan fisik Anda. Otak membutuhkan nutrisi sama seperti yang diperlukan oleh jantung, paru-paru, dan otot.
 
Lantas, makanan apa saja yang perlu dikonsumsi untuk menjaga kesehatan otak? Berikut adalah beberapa jenis makanan yang bisa membantu Anda meningkatkan kesehatan otak seperti dilansir oleh Health Me Up (14/05).

 
1. Bayam
Bayam mengandung magnesium dan potasium yang penting untuk meningkatkan kemampuan otak dalam memproses ingatan dan menjaga kemampuan kognitif otak. Bayam juga mengandung banyak vitamin b6, E, dan folat yang dibutuhkan untuk menjaga kesehatan otak.
 
2. Kentang
Kentang kaya akan vitamin C, B6, potasium, dan mangan yang diketahui baik untuk meningkatkan kesehatan otak. Vitamin B6 juga diketahui meningkatkan produksi serotonin yang bisa mencegah depresi.
 
3. Brokoli
Dalam brokoli terdapat zat kimia yang bernama sulforaphane. Zat ini berfungsi untuk melindungi otak dari kerusakan. Setidaknya Anda harus mengonsumsi dua porsi brokoli dalam seminggu untuk mendapatkan manfaatnya.
 
4. Walnut
Kacang walnut mengandung asam lemak omega-3 yang bisa meningkatkan kinerja saraf otak dan mengandung vitamin b6 yang melindungi ingatan. Konsumsi walnut setiap hari sebagai cemilan atau tambahkan dalam salad untuk menikmatinya.
 
5. Kacang arab
Kacang arab mengandung vitamin B6 dan folat. Kedua zat ini bisa mencegah terjadinya pendarahan pada pembuluh darah pada otak dan bisa mencegah penyakit Alzheimer.
 
6. Kunyit
Kunyit mengandung zat anti-peradangan yang akan mencegah kerusakan pada sel. Kunyit juga bisa membantu mencegah kerusakan pada membran sel otak. Dengan begitu mengonsumsi kunyit bisa mencegah penyakit yang berkaitan dengan otak ataupun penyakit Alzheimer.
 
Itulah beberapa makanan yang baik untuk kesehatan otak Anda. Jangan ragu untuk mengonsumsi enam makanan tersebut setiap minggu agar otak terhindar dari berbagai macam penyakit.
sumber:http://www.merdeka.com/sehat/ingin-otak-sehat-konsumsi-6-makanan-ini.html










 

ARTIKEL TERKAIT :

Comments
0 Comments

Tidak ada komentar:

Posting Komentar