Siapa yang tak kenal Microsoft Office? Aplikasi buatan Microsoft yang
telah banyak dipakai oleh jutaan atau lebih komputer di seluruh dunia
ini adalah aplikasi yang wajib di install di Windows. Hampir semua
perkantoran, bahkan instansi pemerintahan memakai aplikasi yang terkenal
dengan Word, Excel dan Powerpoint-nya ini.
Dan bagi Anda yang
seringkali memakai MS Word untuk mengetik dokumen, ada beberapa tips dan
trik yang mungkin saja belum Anda ketahui. Mulai dari bekerja secara
cepat dan efisien sampai mengusili teman kerja dapat Anda temukan
disini.
Seleksi
Mungkin Anda sudah mengetahui cukup klik dua kali untuk menyeleksi
satu kata, dan klik tiga kali untuk menyeleksi satu paragraph. Namun
untuk menyeleksi satu kalimat cukup tahan tombol “Ctrl” dan klik di
kalimat manapun. dan untuk menyeleksi seluruh tabel tahan tombol “Alt”
dan klik dua kali.
Membuat tabel
Mungkin selama ini Anda membuat tabel dengan memakai “Draw Table”,
kini Anda bisa membuat tabel dengan meng-klik tab “Insert” lalu klik
“Table” yang akan menampilkan pop up Insert Table disini Anda tinggal
menggeser mouse untuk menentukan jumlah kolom dan hasilnya akan
tertampil langsung di dokumen Anda, lalu klik.
Jika ingin membuat satu kolom tabel saja Anda cukup menekan tombol +
untuk garis vertical dan – untuk garis horizontal misal “+————+——-+”
(tanpa tanda kutip) lalu tekan “Enter”
Menambahkan Comment Box
Jika Anda hendak mengirimkan dokumen ke teman atau relasi kerja Anda,
tak perlu menulis panjang lebar penjelasan mengenai kalimat yang
mungkin kurang dipahami di email. Cukup dengan menyeleksi bagian dari
kalimat lalu klik tab “Review” lalu pilih “New Comment”
Membuat daftar dengan Keyboard
Anda bisa membuat daftar urut dengan nomor atau symbol cukup dengan
menekan tombol di keyboard. Misal, menulis nomor urut cukup dengan
mengetik 1. kata yang diinginkan lalu tekan “Enter” secara otomatis MS
Word akan mengurutkan nomor yang telah Anda ketik tadi.
Memasukkan Screenshot ke MS Word
Salah satu fitur terbaru dari MS Word 2010 yaitu dapat memasukkan
Screenshot langsung ke dalam dokumen. Cukuo dengan menekan tombol “Print
Screen” pada keyboar lalu klik tab “Insert” klik “Screenshot”.
Menambahkan Bookmark ke Dokumen
Anda sedang membuat tulisan untuk dapat dibaca langsung oleh Bos atau
relasi kerja. Cukup tambahkan Bookmark agar mereka dapat lebih mudah
membaca seluruh isi dokumen Anda dengan klik tab “Insert” di kolom
“Links” klik “Bookmark” ketikkan nama halaman yang diinginkan lalu klik
“Add”.
Setelah itu buatlah sebuah halaman khusus untuk daftar isi dokumen
Anda. Seleksi salah satu judul halaman dokumen klik tab “Insert” di
kolom Links klik “Hyperlink” akan muncul window Insert Hyperlink pilih
Place in This Document lalu pilih judul halaman di kolom bookmark yang
telah Anda buat lalu klik OK.
Sekarang Anda bisa langsung menuju halaman yang diinginkan dengan
meng-klik judul halaman di daftar isi dengan menahan tombol “Ctrl dan
klik kiri”.
Mengubah Status Bar
Mungkin Anda tidak menyadari kalo status bar di MS Word juga bisa di
ubah sesuai dengan keinginan. Klik kanan status bar Anda akan menemukan
banyak konfigurasi yang dapat Anda sesuaikan.
Atur Auto Correct
Pernahkah Anda mengetikkan kata teh yang kemudian berubah menjadi
the? Itulah Auto Correct, fitur Auto Correct di MS Word memang sangat
berguna jika Anda seringkali membuat dokumen berbahasa Inggris. Anda
bisa mengatur Auto Correct dengan klik tab “File” lalu pilih “Options”
klik “Proofing” dan klik “Auto Correct Options…” di tab Auto Correct
terdapat kolom ketikkan kata yang diinginkan misal teh pilih kata
tersebut di kolom bawah dan klik Delete.
Anda juga bisa menambahkan beberapa kata agar bisa diperbaiki secara otomatis oleh MS Word.
Shortcut
Shortcut untuk MS Word memang cukup banyak namun tak perlu menghapal
semuanya cukup seperlunya agar dapat membantu kerja Anda. Selain
shortcut umum seperti copy, cut, paste, print dll, MS Word memiliki
shortcut khusus sendiri yaitu:
Ctrl+Z & Ctrl+Y :
Jika Anda melakukan kesalahan tanpa disengaja Anda bisa memanfaatkan shortcut ini.
Ctrl+Spasi :
Tekan tombol ini jika dirasa suatu kalimat atau paragraph memiliki
kesalahan misal, bold, italic, underline, huruf dll agar kembali normal
(default). Caranya seleksi kalimat atau paragraph lalu tekan tombol
“Ctrl”+Spasi”.
Ctrl+Q :
Tekan tombol ini jika Anda menemukan kesalahan format paragraf,
double spasi, spasi tambahan di awal dan akhir paragaf, dll. Caranya
seleksi seluruh paragraf lalu tekan kombinasi tombol tersebut.
Alignment
Ctrl+L : untuk mengetik rata kiri.
Ctrl+E : untuk mengetik di posisi tengah (center).
Ctrl+R : untuk mengetik rata kanan
Ctrl+J : untuk merubah susunan paragraf menjadi rata kanan dan kiri (Justify)
Trik Unik
Ingin sekedar mengusili teman kerja Anda atau ingin tahu apa saja yang bisa MS Word lakukan, ketik beberapa kata berikut ini.
=rand (200,99)
Ketik kata di atas lalu tekan “Enter” tunggu selama 3 detik. MS Word
akan menampilkan tulisan sebanyak 567 halaman yang berisi komentar dari
beberapa karyawan atau orang yang ikut mengerjakan Aplikasi tersebut.
=lorem(7,3)
Dengan mengetikkan kata di atas akan menampikan 3 paragraf yang terdapat dalam teks Lorem Ipsum
=rand.old(7,3)
MS Word akan menampilkan 3 paragraf yang berisi contoh kalimat di teks mesin ketik “The quick brown fox jumped over the lazy dog.”
Nah, mungkin itu sementara beberapa tips yang semoga dapat membantu
Anda dalam mengerjakan dokumen di MS Word semakin mudah dan
menyenangkan. Ikuti terus blog FastnCheap untuk mendapatkan tips dan
trik dari dunia teknologi. Sampai jumpa di tips berikutnya.
sumber:http://blog.fastncheap.com/tips-trik-microsoft-word-2010/
TERIMAKASIH SUDAH BERKUNJUNG KE BLOG INI, SEMOGA ARTIKEL INI MENAMBAH WAWASAN & MEMBERIKAN MANFAAT BAGI KITA SEMUA YANG MEMBACANYA...JANGAN LUPA UNTUK SELALU BERKUNJUNG KEMBALI...KARENA MASIH BANYAK ARTIKEL MENARIK LAINNYA YANG MENUNGGU UNTUK DIBACA OLEH PARA SOBAT SEMUA.
SELURUH ISI DARI BLOG INI BOLEH DI COPY-PASTE/DISEBARLUASKAN DENGAN SYARAT MENCANTUMKAN LINK SUMBER DARI BLOG INI. THANKS... !