Selasa, 10 September 2013

Ilmuwan Berhasil `Bikin` Jantung Buatan dari Sel Punca

Bagikan Artikel Ini :
Para ilmuwan mengatakan, pada hari Selasa pekan lalu timnya pernah menggunakan sel induk untuk tumbuh dan berkembangnya jaringan jantung manusia, yang terjangkit secara spontan di dalam cawan petri. Ini menandai, adanya kemajuan dalam upaya untuk memroduksi organ transplantasi.

 
Sebuah tim dari University of Pittsburgh, Pennsylvania, menggunakan pluripotent stem (iPS) yang diinduksi sel yang dihasilkan dari sel-sel kulit manusia, untuk membuat sel-sel jantung pendahulu yang disebut dengan MCP.
 
Sel-sel iPS sel manusia dewasa memrogram semuanya menjadi serbaguna, sederhana, dan berasal dari suatu tempat yang dapat diminta untuk berkembang mejadi semua sel tubuh.
 
Sel-sel jantung sederhana ini dibuat dengan cara menempelkan hati tikus 'perancah', yang mana para peneliti telah menghapus semua sel dari jantung tikus tersebut.
 
Perancah adalah jaringan yang tidak hidup, yang terdiri dari protein dan karbohidrat, yang mana sel menempel dan tumbuh.

Ditempatkan pada perancah 3D, sel-sel prekursor tumbuh dan berkembang menjadi otot jantung, dan setelah 20 hari dari suplai darah organ tikus direkonstruksi.
 
"Mulai berkontraksi kembali pada tingkat 40 sampai 50 denyut permenit," pernyataan dari University of Pittsburgh, seperti dikutip Channel News Asia, Kamis (15/8/2013)
 
"Ini masih jauh untuk diberlakukan, untuk membuat hati manusia secara keseluruhan," tambah peneliti senior, Lei Yang.
sumber:http://m.liputan6.com/health/read/665545/ilmuwan-berhasil-bikin-jantung-buatan-dari-sel-punca




TERIMAKASIH SUDAH BERKUNJUNG KE BLOG INI, SEMOGA ARTIKEL INI MENAMBAH WAWASAN & MEMBERIKAN MANFAAT BAGI KITA SEMUA YANG MEMBACANYA...JANGAN LUPA UNTUK SELALU BERKUNJUNG KEMBALI...KARENA MASIH BANYAK ARTIKEL MENARIK LAINNYA YANG MENUNGGU UNTUK DIBACA OLEH PARA SOBAT SEMUA.

SELURUH ISI DARI BLOG INI BOLEH DI COPY-PASTE/DISEBARLUASKAN DENGAN SYARAT MENCANTUMKAN LINK SUMBER DARI BLOG INI. THANKS... !



 

ARTIKEL TERKAIT :

Comments
0 Comments

Tidak ada komentar:

Posting Komentar