Rabu, 26 Februari 2014

Awas, 90% aplikasi mobile banking ternyata tak aman!

Bagikan Artikel Ini :
Sebuah temuan mengejutkan dari penelitian IO Active Labs menyebutkan jika 90 persen aplikasi mobile banking ternyata tidak aman.


Seperti dilansir PhoneArena (14/1), peneliti bernama Ariel Sanchez dari IO Active Labs menyebutkan jika dari aplikasi mobile 40 bank berpengaruh di dunia, 90 persen di antaranya tidak aman dari tindakan pencurian data seperti aksi phishing.

Bahkan, Sanchez menyebutkan jika sebagian besar aplikasi mobile banking dari bank-bank besar ini bahkan bisa retas hanya dengan menggunakan handset iPhone atau iPad dengan menggunakan sistem log Apple.

Selain itu dirinya juga menyebutkan jika 70 persen dari aplikasi tersebut tidak memiliki metode alternatif untuk membantu pengguna atau nasabah bank menjaga informasi rahasia mereka seperti nomor rekening, PIN, dan kelengkapan identitas nasabah lainnya.

Dengan kata lain, longgarnya sistem keamanan dari banyak aplikasi mobile banking ini membuat pengguna rawan mengalami serangan cyber dengan tujuan mencari keuntungan finansial dari uang yang disimpan di dalam akunnya.

Bisa saja nanti nasabah sekaligus pengguna aplikasi mobile banking menerima serangan phishing berupa email yang seolah dari resmi bank namun ternyata berasal dari pihak yang tidak bertanggung jawab yang ingin mengetahui informasi pribadi akun pengguna bank seperti nomor rekening dan PIN sebagai media menguras uang pengguna tersebut.

Ariel Shancez sebagai peneliti mengharapkan jika temuannya ini bisa dijadikan acuan dan pertimbangan agar bank-bank di dunia bisa lebih mengamankan aplikasi mobile banking mereka sehingga pengguna bisa bebas bertransaksi dengan aman.
sumber:http://www.merdeka.com/teknologi/awas-90-aplikasi-mobile-banking-ternyata-tak-aman.html








 

ARTIKEL TERKAIT :

Comments
0 Comments

Tidak ada komentar:

Posting Komentar