Senin, 14 April 2014

8 Kota di Dunia yang Memiliki Akses Internet Paling Cepat

Bagikan Artikel Ini :
Internet sekarang ini sepertinya menjadi salah satu hal yang sangat dibutuhkan khususnya oleh orang-orang di daerah perkotaan. Banyak operator penyedia internet berlomba-lomba memberikan layanan terbaiknya.
 
Tentu saja, apabila suatu kota memiliki pertumbuhan pesat di segala bidang, maka koneksi internet cepat sangat dibutuhkan untuk bisnis sampai untuk kebutuhan pribadi.

 
Hampir di setiap negara di dunia pastinya memiliki operator penyedia layanan internet. Namun sayangnya, tidak semua kota memiliki akses internet yang sama dengan kota lainnya walaupun berada dalam satu negara.
 
Apabila sebelumnya merdeka.com pernah mengulas tentang negara dengan koneksi internet tercepat dan terlambat di dunia , kali ini fokus pembahasan adalah kota-kota dengan koneksi internet tercepat di dunia.
 
Berikut 8 kota yang memiliki koneksi internet tercepat di dunia menurut daftar yang dikutip dari Ubmfuturecities.com.

1. Vienna, Austria

Vienna adalah kota terbesar di Austria dengan populasi sekitar 1,757 juta jiwa. Untuk urusan koneksi internet, kecepatan untuk akses dunia maya di Vienna lebih unggul dibandingkan di New York.
Kecepatan download di kota ini adalah 21,17 Mbit/detik. Layanan koneksi internet via Wi-Fi sudah menjadi salah satu hal umum di Vienna karena di kota ini terdapat banyak sekali hotspot gratisan. Kota ini juga telah lama memiliki layanan data 4G LTE.

Pemerintah Austria berencana menjadikan Vienna sebagai "kota pintar" khususnya di Eropa dan pada tahun 2020 kecepatan akses internetnya diupayakan sudah mencapai 100 Mbit/detik.

2. Praha, Ceko

Kota yang merupakan ibu kota Ceko yang pernah bergabung dengan Slovakia namun akhirnya memisahkan diri ini, memiliki populasi total sebesar lebih dari 1,5 juta jiwa.
Apabila di tingkat negara, Ceko menduduki posisi ke-4 di Eropa sebagai negara dengan koneksi internet tercepat. Namun khususnya untuk kota di Ceko sendiri, kecepatan internet rata-rata di Praha melebihi kota-kota lainnya. Kecepatan download rata-rata di kota ini mencapai 21,63 Mbit/detik.

Sayangnya, tidak begitu banyak spot Wi-Fi yang ada di kota ini. Hotspot Wi-Fi rata-rata terdapat di tempat-tempat dengan pengunjung banyak seperti cafe atau hotel saja. Itu pun ketika ingin menggunakannya, pengguna masih harus membayarnya.

3. Seattle, Amerika Serikat

Di tahun 2012, populasi di Seattle sekitar 635,535 jiwa. Pada tahun 2010 lalu, kecepatan download di kota ini mencapai 10,67 Mbit/detik. Dan di tahun 2013 lalu, kecepatan download rata-rata meningkat menjadi 24,67 Mbit/detik.
Untuk lingkup Amerika Serikat, Seattle merupakan kota pertama sebagai program pilot pemberian layanan Wi-Fi gratis di tempat umum. Di masa mendatang, pemerintah kota Seattle berencana untuk terus meningkatkan koneksitas internetnya mencapai Gigabit/detik.

4. Amsterdam, Belanda

Sebagai ibu kota, tentu saja populasi di Amsterdam sangat banyak yaitu sebesar lebih dari 2 juta jiwa. Menurut Akamai, kecepatan internet rata-rata di setiap kota di Belanda di atas 10 Mbit/detik.
Akan tetapi khususnya di Amsterdam, kecepatan internet rata-rata sebesar 33,39 Mbit/detik. Walaupun masih belum sepenuhnya mengaplikasikan teknologi 4G LTE, namun di kota ini sudah tercover banyak spot Wi-Fi dengan kecepatan tinggi.

5. Stockholm, Swedia

Stockholm adalah salah satu kota terbesar di Swedia dengan populasi masyarakat berjumlah sekitar 879.700 jiwa dari total penduduk di negara ini yang berjumlah 2 juta lebih.
Menurut Akamai, kecepatan koneksi internet rata-rata di negara ini adalah 8,9 Mbit/detik. Namun khususnya di Stockholm, kecepatan akses internetnya sangat kencang atau sekitar 33,67 Mbit/detik.

Banyak tempat khususnya yang menjadi pusat orang-orang berkumpul seperti bandara, rumah sakit, cafe dan lainnya menawarkan layanan Wi-Fi gratis.

6. Seoul, Korea Selatan

Seoul adalah ibu kota sekaligus kota metropolis terbesar di Korea Selatan. Kota ini memiliki populasi sebesar lebih dari 25,6 juta jiwa.
Untuk urusan internet, Seoul memiliki koneksitas internet rata-rata sebesar 41,4 Mbit/detik, padahal kecepatan internet rata-rata di Korea Selatan hanya sebesar 14,2 Mbit/detik.

Terdapat lebih dari 2 ribu spot Wi-Fi yang tersebar di seluruh Korea Selatan dan 53 persennya berada di Seoul. Pemerintah Korea Selatan berencana untuk membangun 12 ribu hotspot Wi-Fi lagi sampai tahun 2017 mendatang.

7. Tokyo, Jepang

Sebagai salah satu kota terbesar di Jepang, koneksi internet rumahan rata-rata sebesar 43,61 Mbit/detik. Di kota ini, ISP bernama So-net juga menawarkan layanan paket internet dengan kecepatan 2 Gbit/detik untuk download dan 1 Gbit/detik untuk upload.
Walaupun termasuk salah satu kota maju dan terkenal di dunia, namun jangan harap dapat dengan mudah menemukan area Wi-Fi gratis di Tokyo.

8. Hong Kong, China

Kota yang diperkirakan memiliki total populasi sebesar 7,1 juta jiwa lebih ini, di tahun 2013 kemarin, menurut Akamai berhasil meraih gelar sebagai kota dengan koneksi internet rata-rata tercepat di dunia.
Kecepatan koneksi internet di kota yang pada tahun 1997 lalu dikembalikan oleh Inggris ke China ini sebesar 63,6 Mbit/detik. Selain memiliki koneksitas internet tercepat di dunia, Hong Kong juga dijuluki kota Wi-Fi.

Di semua tempat dan sudut di kota ini, pengguna internet dapat mengakses internet dengan layanan Wi-Fi gratis. Sayangnya, teknologi 4G LTE di kota ini masih belum sepenuhnya merata.
sumber:http://www.merdeka.com/teknologi/8-kota-dengan-kecepatan-super-ngebut-di-dunia/hong-kong-china.html










 

ARTIKEL TERKAIT :

Comments
0 Comments

Tidak ada komentar:

Posting Komentar