Minggu, 13 April 2014

Enam Manfaat Cokelat Hitam Untuk Tubuh

Bagikan Artikel Ini :

Apakah Anda termasuk penggemar cokelat? Jika iya, jenis cokelat apa yang menjadi favorit Anda? Apakah cokelat susu ataukah cokelat hitam?

Beberapa orang menghindari konsumsi cokelat karena takut mengalami kegemukan. Padahal tidak semua jenis cokelat menyebabkan gemuk, contohnya cokelat hitam.


Walaupun rasanya lebih pahit daripada cokelat susu, namun ternyata keunggulan cokelat hitam jauh lebih banyak. Cokelat hitam justru akan menurunkan kadar asam lemak dalam darah Anda. Selain itu, cokelat hitam juga akan menurunkan kadar kolesterol jahat Anda dan menaikkan kadar kolesterol baik Anda.

Menurut penelitian, cokelat mempunyai beberapa manfaat bagi kesehatan, di antaranya :

  1. Mencegah stroke
    Orang yang mengkonsumsi cokelat 1,8 ons per minggu terbukti risiko terkena stroke lebih rendah 17% daripada orang yang mengkonsumsi cokelat hanya 0,4 ons per minggu.
  2. Menurunkan tekanan darah
    Penelitian mengungkapkan, mengkonsumsi cokelat hitam hingga 3,5 ons perhari dapat menurunkan tekanan darah hingga 2.77/2.20 mmHg.
  3. Meningkatkan mood
    Mengkonsumsi cokelat juga terbukti dapat merangsang pengeluaran zat kimia di otak bernama dopamine yang berperan dalam menaikkan mood seseorang.
  4. Mengurangi kegemukan
    Cokelat susu yang sudah mendapatkan tambahan gula dan asam lemak memang cenderung meningkatkan lemak tubuh sehingga menyebabkan kegemukan, namun beda halnya dengan mengkonsumsi cokelat hitam karena justru akan mengurangi kadar lemak dalam darah.
  5. Mengurangi risiko terkena serangan jantung
    Berbagai penelitian telah mengungkapkan bahwa mengkonsumsi cokelat 1-3 kali setiap bulannya dapat menurunkan risiko gagal jantung sebanyak 26%, dan mengkonsumsi cokelat 1-2 kali per minggu dapat menurunkan risiko gagal jantung sebanyak 32%.
  6. Sebagai anti-oksidan
    Cokelat mengandung zat bernama flavanol yang berfungsi sebagai antioksidan dan anti-peradangan. Penambahan gula dan lemak pada produk-produk cokelat seperti permen dapat mengurangi manfaat cokelat tersebut, sehingga yang lebih baik dikonsumsi adalah cokelat hitam.

Kini Anda sudah mengetahui sekian banyak manfaat cokelat bagi kesehatan tubuh manusia, kini Anda tidak perlu ragu untuk mengkonsumsi cokelat yang manis nan lezat. 
sumber:http://id.she.yahoo.com/duh-restoran-ini-ditutup-karena-ketahuan-jual-daging-120600057.html











ARTIKEL TERKAIT :

Comments
0 Comments

Tidak ada komentar:

Posting Komentar