Senin, 27 April 2015

Bagaimana Mario Bisa Selamat Terbang dalam Roda Pesawat?

Bagikan Artikel Ini :
Bagaimana Penumpang Bisa Selamat Terbang dalam Roda Pesawat?Memang ada peluang penumpang gelap bisa selamat, namun 75 persen yang mencoba aksi nekat ini berakhir dengan kematian.
Untuk kesekian kalinya, aksi nekat penumpang yang menyusup dalam ruang terlarang pesawat kembali terulang. Kali ini aksi serupa dilakukan Mario Steven Ambarita, pria kelahiran 1993 yang terbang dari Pekanbaru ke Jakarta.


Mariko dikabarkan bersembunyi di ruang rodal pesawat Garuda Indonesia (GA-177) jenis Boeing 737-800. Meski selamat, Mario harus mengalami sejumlah trauma di antaranya telinga yang mengeluarkan darah.

Aksi Mario ini menambah panjang daftar penumpang nekat yang naik pesawat terbang. Padahal, sejumlah kalangan telah memperingatkan bahaya terbang di ruang tak lazim termasuk dalam ruang roda pesawat.

Mengutip laman npr.org, Rabu, 8 April 2015, kendati berbahaya, organisasi penerbangan sipil, Federal Aviation Administration (FAA) mengakui memang ada peluang seorang penumpang gelap bisa selamat dalam penerbangan dengan ketinggian ribuan kilometer tersebut.

"Meski minimnya tekanan udara dan peralatan tabung oksigen, kehadiran jaringan hidrolik ruang roda yang hangat serta relatifnya hangatnya roda pesawat memberikan panas signifikan bagi penumpang gelap," ungkap FAA.

Ketinggian pesawat yang naik perlahan-lahan secara stabil memang bakal menyebabkan ketidaksadaran bertahap. Namun dengan suasana ruang roda yang perlahan mendingin, hipotermia yang menyertasi hipoxia, bisa menjaga kelangsungan sistem syaraf manusia.

Dengan semakin rendahnya ketinggian pesawat serta bertambahnya tekanan oksigen, serangan hipoksia dan hipotermia perlahan-lahan berkurang.
"Pada tahap itu, penumpang akan mengalami kondisi setengah sadar namun setelah pengobatan akan kembali pulih," ujar FAA.

Meski ada peluang selamat, pihak penerbangan tidak menyarankan setiap orang mencoba terbang di dalam ruang roda pesawat.

Tak hanya serangan dingin atau kehabisan pasokan oksigen, penumpang gelap juga besar kemungkinan terjatuh ketika roda pesawat diturunkan saat mendarat.

Sebagai catatan, pada 2012, seorang penumpang gelap di pinggiran kota London Inggris jatuh dari pesawat maskapai penerbangan Angola ketika bersiap mendarat.

Mengutip laman USA Today, tercatat ada 95 penumpang gelap yang berusaha menyusup dalam 84 penerbangan di seluruh dunia antara 1996 hingga Agustus 2012.

FAA melaporkan, lebih dari 75 persen dari upaya terlarang ini berujung pada kematian.  
sumber:http://www.dream.co.id/dinar/mengapa-penumpang-bisa-selamat-terbang-dalam-roda-pesawat-150408h.html



 

ARTIKEL TERKAIT :

Comments
0 Comments

Tidak ada komentar:

Posting Komentar