Senin, 25 Mei 2015

10 Ramalan Bill Gates yang Terbukti Menjadi Kenyataan

Bagikan Artikel Ini :
Image result for bill gatesMalang melintang di industri teknologi sejak belia, tak salah kalau insting seorang Bill Gates super tajam. Sekitar 16 tahun lampau, dia menulis buku yang berisi banyak prediksi soal masa depan dunia teknologi. Dan hampir semua ramalannya itu ternyata tepat.

Pada tahun 1999, Bill Gates menulis buku berjudul Business @ the Speed of Thought. Buku itu banyak membahas soal prediksi bagaimana internet akan mengubah bisnis dan banyak hal. Berikut beberapa ramalan Gates yang terbukti tepat seperti disarikan detikINET dari berbagai sumber. Berikut : 10 Ramalan Bill Gates yang Terbukti Menjadi Kenyataan

 

1. Situs Perbandingan Harga

"Layanan perbandingan harga akan dikembangkan, memungkinkan orang mengetahui perbandingan harga yang ada di beberapa website, sehingga membuat upaya menemukan produk termurah menjadi mudah," tulis Gates.

Hal itu sekarang sungguh terjadi. Orang dengan mudah bisa mencari perbandingan harga untuk barang yang sama di Google atau Amazon. Sedangkan website seperti MySmartPrice diluncurkan secara khusus untuk membandingkan harga produk.

2. Perangkat Mobile

"Orang-orang akan membawa perangkat kecil yang memungkinkan mereka tetap berhubungan atau melakukan bisnis elektronik secara konstan di manapun berada. Mereka akan bisa melihat berita, jadwal penerbangan, informasi pasar keuangan dan hal-hal lainnya di perangkat itu," tulis Gates.
Saat ini, perangkat mobile seperti smartphone, tablet dan yang terakhir jam pintar semakin menjamur. Orang bisa melakukan banyak hal serta mengakses hampir segala macam informasi dari perangkat tersebut.

3. Pembayaran Instan dan Perawatan Kesehatan

"Orang-orang akan membayar tagihan mereka, mengatur keuangan dan berkomunikasi dengan dokter mereka melalui internet," tulis Gates.

Sekarang, melakukan transaksi ataupun mengelola keuangan bisa dilakukan di banyak website. Ada juga beberapa website yang memfasilitasi komunikasi dengan dokter walaupun memang belum banyak.

4. Asisten Pribadi dan Internet of Things

"Semacam teman pribadi akan dikembangkan. Ia akan mengecek email atau notifikasi dan menampilkan informasi yang Anda butuhkan" tulis Gates.

"Ketika Anda pergi ke toko, Anda bisa mengatakan resep makanan yang ingin Anda siapkan dan perangkat itu otomatis menampilkan bahan-bahan yang diperlukan. Perangkat yang Anda pakai menyesuaikan apa yang Anda lakukan," tambah Gates.
Sekarang sudah ada Google Now yang menjadi semacam asisten pribadi canggih di smartphone Android yang mengetahui kebiasaan penggunanya. Sedang perangkat pintar seperti Nest mengumpulkan data kegiatan pengguna sehari-hari dan bisa secara otomatis mengatur suhu rumah.

5. Kamera Pemantau

"Tayangan video konstan di rumah Anda akan menjadi hal umum, yang menginformasikan pada Anda ketika ada orang yang berkunjung saat Anda tidak ada di rumah," tulis Gates.

Saat ini, kamera pemantau sudah banyak dipasang di rumah. Dari yang paling murah sampai paling canggih, semua ada.

6. Media Sosial

"Website privat untuk teman dan keluarga Anda akan menjadi hal umum, memungkinkan Anda untuk berbincang-bincang dan merencanakan acara," tulis Gates.

Saat ini, media sosial seperti Facebook, Twitter atau Instagram sangat populer. Kembali prediksi Gates terbukti tepat meski media sosial zaman sekarang cenderung menjadi ajang pamer dan tak terlalu privat lagi.

7. Diskon Liburan

"Ada software yang mengetahui kapan Anda memesan tiket perjalanan dan menggunakan informasi itu untuk menyarankan tentang aktivitas di tempat tujuan. Ia akan menyarankan soal aktivitas, diskon, penawaran lain dan harga lebih murah untuk semua hal yang barangkali Anda ingin ikut serta," tulis Gates.

Saat ini, situs seperti Expedia dan Kayak bisa menawarkan deal berdasarkan data pembelian Anda dahulu. Sedangkan iklan dari Google dan Facebook bisa menawarkan promosi berdasarkan tempat tinggal pengguna.

8. Website Diskusi Olahraga

"Sambil menonton olahraga di televisi, layanan ini memungkinkan Anda mendiskusikan apa yang sedang terjadi dan mengikuti tebak-tebakan di mana Anda bisa memilih siapa yang akan menang," tulis Gates.

Saat ini, prediksi itu benar-benar terjadi. Media sosial seperti Twitter memfasilitasi dikusi semacam itu. Demikian juga orang bisa menulis komentar online di website berita seperti ESPN.

9. Iklan Pintar
"Perangkat akan memiliki iklan pintar. Ia akan tahu tentang tren pembelian Anda dan akan menampilkan iklan yang sesuai untuk Anda," tulis Gates.

Layanan iklan online sudah jamak punya fitur semacam itu sekarang. Pengiklan bisa menyasar pengguna dengan menampilkan iklan yang sesuai dengan ketertarikan dan pola pembelian mereka.

10. Rekruitmen Pegawai Online

"Orang-orang yang mencari pekerjaan akan mampu menemukan kesempatan kerja di internet dengan menyebutkan ketertarikan, kebutuhan dan skill khusus mereka," tulis Gates.

Lowongan kerja masa kini banyak dipajang di internet. Sedangkan media sosial seperti LinkedIn memungkinkan pengakses memajang riwayat hidup dan keterampilan profesional mereka dengan kemungkinan direkrut oleh tempat kerja yang tertarik.
sumber:http://inet.detik.com/read/2015/05/04/152553/2905117/398/5/hebat-ramalan-bill-gates-di-1999-semua-tepat



 

ARTIKEL TERKAIT :

Comments
0 Comments

Tidak ada komentar:

Posting Komentar