Minggu, 17 Mei 2015

Lima Fakta Unik Mengenai Kondom

Bagikan Artikel Ini :
Image result for kondomKondom tidak hanya telah ada sejak ribuan tahun lalu, ada banyak kisah unik lainnya di balik alat yang berfungsi untuk mencegah kehamilan dan penularan penyakit menular seksual ini. Berikut 5 fakta unik tentang kondom yang dikutip dari situs Askmen, Rabu (29/4/2015).






1. Kondom muncul dalam lukisan goa

Penulis Jeannette Parisot dalam karyanya, Johnny Come Lately: A Short History of the Condom, menyebutkan bahwa kondom muncul dalam lukisan-lukisan goa yang diperkirakan berusia 15 ribu tahun. Meski Jeannette mengatakan, dalam lukisan tersebut kondom digunakan saat berhubungan intim, tidak bisa dipastikan apa tujuan manusia goa menggunakan kondom. Bisa jadi mereka memakai kondom untuk 3 alasan: ritual, mencegah kehamilan, dan melindungi dari penularan penyakit menular seksual.

2. Kondom hanya bisa didapat dengan resep dokter

Sebuah naskah dari tahun 1824 menunjukkan langkah-langkah membuat kondom dari usus domba. Proses pembuatan kondom tersebut memakan waktu lama. Tidak heran jika kondom pada masa itu diperkirakan bisa digunakan ulang.

Sementara itu, ada suatu masa di Amerika Serikat di mana kondom hanya bisa didapat dengan resep dokter. Para dokter menggunakan standar ganda ketika memberikan resep. Misalnya, kondom hanya diberikan untuk para suami agar terlindung dari penyakit menular seksual ketika berhubungan dengan wanita penghibur. Tapi, resep tidak akan diberikan pada perempuan untuk mencegah kehamilan atau pun alasan lainnya.  

3. Kondom elastis tertua berasal dari tahun 1855

Kondom elastis yang terbuat dari usus binatang ini ditemukan pada masa ekskavasi Kastil Dudley di West Midlands, Inggris. Kondom tersebut didistribusikan untuk menekan penyebaran penyakit menular seksual selama Perang Saudara di Inggris.

Membagikan kondom pada para tentara bukanlah hal yang umum dilakukan. Asosiasi Kesehatan Sosial Amerika Serikat pernah melarang penggunaan kondom oleh para prajurit saat Perang Dunia I. Tidak mengejutkan jika kemudian banyak veteran perang yang terkena penyakit menular seksual.

4. Kondom mulai dijual dalam mesin keliling sejak 1928

Menurut data dari perusahaan kondom asal Jerman yang pertama kali menggunakan merk dagang Fromm, kondom pertama kali dijajakan dengan mesin keliling pada 1928. Produk mereka, Fromm's Act, tidak hanya jadi kondom pertama yang dijual dengan mesin keliling, melainkan juga diduga memakai tokoh kartun Mickey Mouse tanpa izin untuk media promosi.  

5. Kondom (masa depan) mungkin tak kasat mata

Kondom dengan berbagai warna, tekstur, dan rasa? Itu sih biasa! Bagaimana dengan kondom yang tak kasat mata?

`Tak kasat mata` di sini maksudnya berupa gel yang bisa mengeras seiring dengan meningkatnya suhu. Menarik bukan?

Sebetulnya, uji klinis kondom tak kasat mata ini sudah dilakukan oleh Laval University di Quebec, bekerjasama dengan Canadian Institutes of Health Research dan Centre Hospitalier de l'Universite Laval. Kondom ini merupakan salah satu produk yang dikembangkan untuk kategori kondom wanita dan sedang menunggu izin pemerintah. 
sumber:http://health.liputan6.com/read/2223022/5-fakta-unik-tentang-kondom?p=4


 


ARTIKEL TERKAIT :

Comments
0 Comments

Tidak ada komentar:

Posting Komentar