Senin, 27 Juli 2015

Fakta Unik Mengenai Darah

Bagikan Artikel Ini :
Image result for DarahTransfusi darah pertama dalam sejarah dilakukan pada awal tahun 1667. Saat itu, Jean-Baptiste mentransfusikan sekitar 1 liter darah dari domba ke seorang anak muda. Fobia bisa menyebabkan denyut jantung dan tekanan darah meningkat. Pada awal abad ke-19, beberapa iklan mengklaim bahwa naik komidi putar baik untuk sirkulasi darah. Tujuh persen dari bobot tubuh manusia adalah darah. Seorang wanita memiliki sekitar 4,5 liter darah dalam tubuhnya, sedangkan pria 5,6 liter. Dua juta sel darah merah mati setiap detik. Hanya dengan mendonorkan setengah liter darah, empat nyawa manusia bisa diselamatkan.


Darah tidak hanya berwarna merah

Darah adalah cairan yang terdapat pada semua makhluk hidup tingkat tinggi (kecuali tumbuhan) yang berfungsi mengirimkan zat-zat dan oksigen yang dibutuhkan oleh jaringan tubuh, mengangkut hasil metabolisme, dan sebagai pertahanan tubuh terhadap virus atau bakteri.

Darah manusia dan hewan-hewan vertebrata (bertulang belakang) berwarna merah. Warna merah pada darah disebabkan hemoglobin, yaitu suatu protein pernafasan yang mengandung zat besi. Hemoglobin berfungsi mengikat molekul-molekul oksigen hasil pernafasan untuk diedarkanke seluruh bagian tubuh. Kepekatan warna merah pada darah tergantung dari kandungan oksigen yang terikat. Jika darah kaya kandungan oksigen, darah berwarna merah terang. Sebaliknya, jika kekurangan oksigen, darah berwarna merah tua.

Pada serangga, oksigen langsung meresap ke dalam plasma darah. Karena tidak mengandung hemoglobin, darah serangga berwarna kuning atau hijau. Pada kelompok udang-udangan (crustacea), protein darahnya berupa hemosianin yang mengandung tembaga sehingga darahnya berwarna biru. Lain lagi dengan cumi-cumi yang memiliki darah berwarna hijau muda, biru atau kuning jingga krena mengandung vanadium kromagen.

ARTIKEL TERKAIT :

Comments
0 Comments

Tidak ada komentar:

Posting Komentar