Senin, 30 November 2015

7 Tips Mudah Membuat Performa Smartphone Anda Seperti Baru Lagi

Bagikan Artikel Ini :
Image result for SmartphoneKetika membeli smartphone baru, pasti kita merasakan bahwa smartphone tersebut sangat cepat melakukan berbagai perintah. Namun setelah beberapa bulan atau mungkin hanya beberapa minggu saja, kinerja smartphone kita sudah berbeda.

Sebenarnya hal tersebut bukan masalah. Ada berbagai cara yang bisa Anda lakukan sendiri di rumah untuk mengembalikan performa smartphone seperti baru lagi. Bagaimana caranya? Berikut 7 Tips Mudah Membuat Performa Smartphone Anda Seperti Baru Lagi


1.Software selalu update

Sistem operasi pada smartphone Anda adalah software yang paling vital di smartphone. Baik iOS maupun smartphone Android, sebisa mungkin Anda harus selalu update untuk menghilangkan bug, agar kinerjanya bisa lebih cepat dan ringan.

Anda bisa cek update terbarunya melalui Pengaturan atau Setting. Tidak hanya sistem operasi, pastikan Anda juga selalu update aplikasi yang ada. Jika paket data internet Anda tidak mumpuni untuk update berbagai aplikasi, Anda bisa memanfaatkan WiFi di tempat-tempat umum. Ketika sistem operasi dan aplikasi merupakan versi yang terakhir, Anda bisa merasakan kinerja ponsel baru. Untuk lebih maksimal, sebaiknya lakukan semua saran ini.

2.Hapus aplikasi yang tidak diperlukan

Hampir semua orang menginstal berbagai aplikasi yang sebenarnya tidak terlalu dibutuhkan. Mungkin Anda menginstalnya karena penasaran, tetapi setelah mencoba, Anda sangat jarang menggunakannya.

Sebenarnya memang tidak masalah jika Anda tetap memilih beberapa aplikasi tersebut tidak dihapus, tetapi pastikan Anda melihat kembali fungsi aplikasi tersebut. Aplikasi yang tidak terlalu digunakan tersebut tetap akan menguras memori bahkan bisa berjalan di belakang layar. Untuk pengguna aplikasi yang tidak di hapus karena bawaan dari sistem, Anda bisa menghapus semua datanya dan non-aktifkan aplikasi tersebut.

3.Matikan pemberitahuan yang tidak penting

Di iOS dan Android, Anda mungkin butuh beberapa langkah untuk memastikan aplikasi tidak mempengaruhi kinerja smartphone. Anda bisa non-aktifkan pemberitahuan pada email pribadi Anda atau berbagai media sosial. Anda harus memilih pemberitahuan apa yang paling penting saja untuk diaktifkan.
Selain itu, hati-hati dengan pengaturan aplikasi yang selalu update setiap beberapa menit sekali, karena selain membuat smartphone lambat, juga baterai akan cepat habis.

4.Bersihkan home screen

Android mempunyai banyak widget yang bisa ditambahkan dengan mudah di layar utama smartphone. Anda bisa menambahkan berbagai jalan pintas dan gambar menarik, tetapi jika terlalu banyak bisa berpengaruh pada kinerja ponsel. Lagi-lagi, Anda harus meminimalisir widget tersebut dan memilih widget yang paling diperlukan.

Nah, cara ini juga berlaku bagi iPhone. Lebih baik jangan menggunakan banyak widget dan aplikasi di bagian utama layar. Jika Anda membeli smartphone baru, pasti widget tersebut tidak terpasang bukan?

5.Meminimalisir animasi

Jika smartphone Anda lambat ketika berpindah dari aplikasi satu ke aplikasi lainnya, berarti saatnya Anda menghentikan animasi yang berjalan pada sistem operasinya. Di Android, Anda bisa mengubahnya di Pengaturan, kemudian mengaktifkan mode pengembang, dan mematikan berbagai animasi yang ada. Jika Anda menggunakan wallpaper bergerak, bisa menggantinya dengan wallpaper statis saja. Di iPhone, Anda bisa non aktifkan tab Zoom di Accessibility Pengaturan.

6.Bersihkan penyimpanan

Ketika Anda sudah uninstall beberapa aplikasi, tetapi penyimpanan tetap sedikit, Anda bisa menyiasatinya dengan menghapus file yang pernah Anda download. Anda bisa memindahkan data, tidak hanya file download saja, tetapi foto atau video yang ada di galeri. Anda bisa memindahkannya ke laptop atau ke penyimpanan internet dari pada 'ribet', seperti Google Drive.

Bersihkan juga pesan dari zaman dahulu yang tidak pernah Anda hapus karena biasanya pesan tersebut tersimpan di penyimpanan internal. Jika menggunakan Android, Anda sebaiknya juga rajin membersihkan cache data berbagai aplikasi untuk meningkatkan kinerja. Riwayat browser juga sebaiknya sering dibersihkan.

7.Reset smartphone

Jika Anda telah mencoba berbagai cara tetapi kinerja smartphone Anda tetap lambat, ada cara yang lebih menantang, yaitu reset kembali smartphone. Kinerja smartphone memang sama seperti saat Anda baru membelinya, tetapi berbagai aplikasi dan data Anda yang tidak di-backup akan hilang.

Itulah 7 cara membuat kinerja smartphone Anda bisa kembali seperti baru. Semoga berhasil!
sumber:http://www.merdeka.com/teknologi/7-cara-mudah-bikin-performa-smartphone-seperti-baru-lagi/reset-smartphone.html


  

ARTIKEL TERKAIT :

Comments
1 Comments

1 komentar: