Minggu, 27 Desember 2015

Wow, Sniper Buatan Indonesia Bisa Menembus & Menghancurkan Tank Baja Membuat Heboh Dunia!

Bagikan Artikel Ini :
Hasil gambar untuk sniper spr 2 pindadIndonesia patut berbangga, sebab produk senjata buatan anak negeri telah berhasil membuat dunia terkesima. Senapan penembak runduk (SPR) yang diproduksi PT Pindad: SPR 2, bukan sembarang senjata.

Pelurunya bisa menembus tank baja. Bahkan, ada peledak di balik amunisi tersebut yang bisa menghancurkan kendaraan tempur dalam sekejap. Lebih hebat lagi, SPR 2 juga memiliki jangkauan tembak hingga 2 kilometer (km). Kemunculannya menggemparkan dunia sniper.


Secara rinci, SPR 2  berkaliber 12,7 mm x 99 mm, panjang senapan 1.755 mm, berat keseluruhan 19,5 kg, panjang barel 1.055 mm, kapasitas peluru antara 5-10 butir. Rifling atau alur spiral berulir pada bagian dalam laras senjata api ini yakni 8 grooves, RH 381 mm (15”) twist. Kecepatan rata-rata lesatan peluru 900 meter per detik dan jangkauan 2.

Keistimewaan SPR 2 ini dibanding senapan dari negara adalah terletak pada jangkauan, ketepatan, dan silencer atau peredam suara hentakan dari tembakan.

Silencer yang dipasang bisa menurunkan hentakan suara tembakan sekitar 20-30 desibel. Senjata ini juga dilengkapi perangkat night vision dan teleskop dengan pembesaran ukuran 5-25 kali.
 
Kepada Liputan6.com, Kepala Departemen Enginering Divisi Senjata PT Pindad Diding Sumardi menunjukkan wujud senapan SPR 2, aksesoris, dan berbagai pelurunya. Ada tiga jenis peluru yang bisa digunakan, yakni MU3 M yang dipakai untuk latihan menembak, MU 3 SAM yang bisa menembus kendaraan, dan MU 3 BLAM yang tidak hanya menembus kendaraan tapi juga bisa meledakkan target.

Atas kemampuannya yang luar biasa, Sniper SPR 2 mendapat pengakuan dari dunia internasional. Terbukti, senapan jitu ini masuk rekomendasi di situs alat utama sistem senjata (alutsista) Weaponsystems.net, bersanding dengan senjata canggih lainnya dari penjuru dunia, seperti senapan runduk Zastava M93 Black Arrow buatan Serbia.

Bahkan, tentara Singapura pernah melontarkan pujian untuk SPR 2. "Good!", ujar seorang penembak kontingen Angkatan Darat Singapura, sambil terus memandangi dan melihat detail fitur senapan runduk anti material versi SPR-2, yang dipajang di stand PT Pindad di sela-sela kejuaraan tembak ASEAN Armies Rifle Meet (AARM) ke-21, di Depok, Jawa Barat, beberapa waktu lalu.
Kemunculan sniper ini sempat membuat sejumlah negara maju di dunia tercengang, sebab sebelumnya hanya tiga negara yang mampu membuat sniper dengan kaliber besar ini, yaitu Amerika Serikat (AS) dan dua negara di Eropa.

Berapa harganya?

Belum merambah pasar ekspor, saat ini Pindad tengah menggarap 150 pucuk sniper ini untuk Komando Pasukan Khusus (Kopasus). Mengenai harga per unitnya, SPR 2 ini dibanderol sekitar Rp 200 juta per pucuknya.

Dengan dilengkapinya Kopasus dengan senjata kelas dunia ini diharapkan akan meningkatkan kualitas Kopasus sebagai pasukan elit yang sudah banyak dikenal oleh dunia internasional.

Sebenarnya Pindad juga memiliki hasil produksi sniper selain jenis SPR 2, yaitu SPR 3. hanya saja untuk jenis SPR 3 ini kaliber pelurunya lebih kecil dibandingkan SPR 2, hanya 7,62 mm.Dua sniper buatan Pindad ini pernah dipamerkan dalam Indo Defance pada akhir tahun lalu di JIExpo Kemayoran, Jakarta, bersanding dengan produk pertahanan kelas dunia lainnya.
sumber:http://bisnis.liputan6.com/read/2394526/kaleidoskop-bisnis-april-sniper-buatan-ri-gegerkan-dunia


 

ARTIKEL TERKAIT :

Comments
0 Comments

Tidak ada komentar:

Posting Komentar