Senin, 29 Februari 2016

Lima Fakta Unik Lionel Messi yang Jarang Diketahui Publik

Bagikan Artikel Ini :
Image result for Lionel MessiLionel Messi tidak berhenti membuat pencinta sepak bola berdecak kagum. Baru-baru ini, Messi kembali membuat kagum setelah berhasil mencatatkan 301 gol bagi Barcelona di Liga Spanyol.

Gol ke-301 itu tercipta setelah Messi menyarangkan dua gol saat Barcelona menghajar Sporting Gijon 3-1 di Liga Spanyol, Kamis (18/2/2016) dinihari WIB tadi. Satu gol lainnya diciptakan Luis Suarez.Yang luar biasa, Messi membukukan 301 gol bagi Barcelona, hanya dalam 334 kali penampilan. Itu berarti, Messi memiliki rasio gol 0.9 per pertandingan.


Torehan tersebut jelas semakin menahbiskan status Messi sebagai pemain sepak bola terbaik di dunia. Namun sebelum mencapai statusnya yang sekarang, tahukah Anda kalau ternyata, kontrak awal Messi hanya dimuat di selembar tisu toilet?Kejadian unik nan lucu itu adalah satu dari lima fakta yang Anda tak ketahui soal Lionel Messi, di bawah ini. Selain kejadian itu, apa saja 4 fakta lainnya? Berikut Lima Fakta Unik Lionel Messi yang Jarang Diketahui Publik.

1. Kontrak di Atas Tisu Toilet

Tanggal 14 Desember 2000, Sekretaris Teknis Barcelona saat itu, Carles Rexach begitu terpukau dengan kemampuan olah bola seorang bocah berusia 13 tahun. Bocah itu tak lain adalah Lionel Messi.

Saking terpukaunya, Rexach ingin mengontrak Messi saat itu juga.  Alhasil Rexach pun bertemu Ayah Messi. Namun keinginan Rexach terganjal masalah teknis. Ya, tak ada satu pun kertas di dekatnya, yang bisa digunakan untuk membuat dokumen kontrak Messi.

Tak ingin melewatkan kesempatan, Rexach pun memanfaatkan tisu toilet. Di atas tisu itu, tertulis: "Di Barcelona, pada 14 Desember 2000, turut hadir Josep Minguella, Horacio Gaggioli, Carles Rexach, Sekretaris Teknis Barcelona, di bawah tanggung jawabnya, mengontrak Lionel Messi dengan jangka waktu tertentu dan kesepakatan yang telah disetujui."

2. Debut Cuma 44 Detik

Publik mungkin tidak menyangka, kalau Messi ternyata memulai debutnya di timnas Argentina dengan suram. Debut Messi bersama Tim Tango -julukan timnas Argentina- hanya berlangsung 44 detik!

Kejadian ini terjadi pada Agustus 2005. Argentina meladeni Hungaria dalam partai persahabatan di Ferenc Puskas, Stadium. Menit 65, Messi yang saat itu berusia 18 tahun masuk menggantikan Lisandro Lopez.

Alih-alih tampil maksimal, Messi justru mendapat kartu merah dari wasit Markus Merk akibat dianggap menyikut bek Hungaria, Vilmos Vanczak. "Itu bukanlah cara yang saya impikan untuk memulai debut bersama Argentina," kenang Messi.

Kini 11 tahun berlalu sejak debut memalukan itu, Messi telah jadi pemain penting bagi Argentina. Bahkan, kini dialah kapten tim nasional, meneruskan sosok yang dianggap sebagai pendahulunya, Diego Armando Maradona.

3. Memiliki Tempat Lahir yang Sama dengan Che Guevara

Lionel Messi ternyata memiliki beberapa kesamaan dengan sosok legendaris, Che Guevara. Selain sesama Argentino, Messi dan Che ternyata lahir di kota yang sama, Rosario.

Che Guevara lahir di Rosario, Argentina pada 14 Juni 1928. Sosoknya kemudian terkenal sebagai pemimpin gerilya di Kuba. Lalu 59 tahun kemudian, tepatnya 24 Juni 1987, lahirlah seorang Messi di kota yang sama, Rosario.

Kedua sosok ini kemudian tampil sebagai legenda di bidang masing-masing. Che adalah sosok yang sangat fenomenal. Dia simbol dari pemberontakan. Salah satu kutipan Che yang terkenal adalah Hasta La Vista Siempre yang berarti “Sampai kemenangan abadi nanti!”

Sementara Messi, tumbuh jadi legenda di sepak bola.

4. Anak Messi Sudah Dikontrak Klub Profesional

Anak Lionel Messi, Thiago boleh jadi baru berusia 4 tahun setelah lahir pada 2 November 2012 lalu. Tapi jangan salah, Thiago ternyata sudah memiliki klub!

Adalah Newell's Old Boys, klub masa kecil Messi, yang sudah mengontrak Thiago. Demi mendapatkan Thiago, Newells sampai terbang ke Eropa lalu menyodorkan kontrak itu selang 72 jam Thiago sejak lahir ke dunia.

Negosiasi kontrak Thiago lalu dilakukan oleh ayah Messi, Jeorge. Sebagai tanda kesepakatan, Newell's memberikan replika jersey Thiago berukuran kecil dengan nomor punggung 10.

5. Harga Kaki Messi 5,25 juta dolar

Lionel Messi adalah pemain sepak bola terbaik dunia. Sosoknya begitu populer.

Karena itulah, banyak perusahaan yang ingin mensponsori Messi. Selain jadi sponsor, perusahaan-perusahaan itu juga berlomba menjadikan Messi sebagai brand ambassador atau sekadar menyematkan nama Messi di produk mereka.

Pada 2013 misalnya, sebuah perusahaan perhiasan Jepang, Ginza Tanaka membuat patung kaki kiri Messi. Patung tersebut dijual dengan harga fantastis US$ 5,25 juta atau Rp 70 miliar.

Apa yang membuat patung itu begitu mahal? Selain karena merupakan replika kaki Messi, patung tersebut mahal lantaran dilapisi emas. Emas itu pula yang membuat patung itu memiliki berat hingga 25 kilogram.\
sumber:http://bola.liputan6.com/read/2439446/5-fakta-unik-lionel-messi-yang-jarang-terungkap?p=5


 

ARTIKEL TERKAIT :

Comments
0 Comments

Tidak ada komentar:

Posting Komentar