Minggu, 17 Maret 2013

Kenali Enam Tanda Kecanduan Facebook

Bagikan Artikel Ini :

Siapa tahu Anda termasuk orang yang sudah kecanduan Facebook. Kenali tanda-tandanya berikut ini

Penelitian yang dilakukan di Bergen University di Norwegia baru-baru ini menghasilkan skala kecanduan Facebook yang memiliki nama resmi "Bergen Facebook Addiction Scale". Skala tersebut menyoroti gejala-gejala yang mirip dijumpai pada kasus kecanduan obat dan alkohol.
Terdapat enam tanda kecanduan yang disimpulkan dari hasil penelitian, yaitu:

  1. Menghabiskan banyak waktu berpikir atau berencana untuk menggunakan Facebook
  2. Merasakan dorongan kuat untuk menggunakan situs tersebut
  3. Menggunakan situs tersebut untuk melupakan masalah pribadi
  4. Merasa gagal saat mencoba berhenti menggunakan Facebook
  5. Merasa resah atau gelisah jika dilarang menggunakan Facebook.
  6. Menggunakan Facebook terlalu sering sampai menimbulkan dampak negatif pada pekerjaan dan pelajaran.

Penelitian dilakukan dengan menanyai para responden usia remaja. Mereka diminta menilai dirinya sendiri terkait enam kriteria dengan skala "sangat jarang" sampai "sangat sering". Dari sana disimpulkan bahwa responden yang menjawab "sering atau "sangat sering" untuk lebih dari empat pertanyaan kemungkinan mengalami kecanduan Facebook.
Ketua penelitian, psikolog Dr Cecilie Schou Andreassen mengatakan kecanduan Facebook lebih banyak dijumpai di kalangan anak muda, perempuan, dan individu yang memiliki kebiasaan tidur yang buruk.
"Kami juga menemukan bahwa orang-orang yang merasa cemas dan tidak aman secara sosial menggunakan Facebook lebih sering dibanding orang-orang yang tidak demikian, kemungkinan karena meraka yang merasa cemas merasa lebih mudah berkomunikasi melalui media sosial dibanding komunikasi langsung," kata Dr Andreassen.
(Ni Ketut Susrini. Sumber: Herald Sun)
thanks to:http://nationalgeographic.co.id/berita/2012/05/kenali-enam-tanda-kecanduan-facebook





TERIMAKASIH SUDAH BERKUNJUNG KE BLOG INI, SEMOGA ARTIKEL INI MENAMBAH WAWASAN & MEMBERIKAN MANFAAT BAGI KITA SEMUA YANG MEMBACANYA...JANGAN LUPA UNTUK SELALU BERKUNJUNG KEMBALI...KARENA MASIH BANYAK ARTIKEL MENARIK LAINNYA YANG MENUNGGU UNTUK DIBACA OLEH PARA SOBAT SEMUA.

SELURUH ISI DARI BLOG INI BOLEH DI COPY-PASTE/DISEBARLUASKAN DENGAN SYARAT MENCANTUMKAN LINK SUMBER DARI BLOG INI. THANKS... !
 




ARTIKEL TERKAIT :

Comments
0 Comments

Tidak ada komentar:

Posting Komentar