Kamis, 20 Agustus 2015

5 Kota di Indonesia Dengan Ciri Khas Makanan Paling Enak

Bagikan Artikel Ini :
Image result for indonesiaIndonesia tanah airku kaya akan segala macam rempah hasil alam... sampai2 hal ini lah yang menjadi cikal bakal kita dijajah dulunya. Karena negara negara lain tak punya sumber daya alam seperti kita. Tak heran jikalau kita harus memanfaatkan hasil bumi ini sebaik baiknya untuk menghasilkan makanan yang kaya rasa, enak dan sehat.


Makanan Indonesia walaupun belum sepopuler makanan Italia atau jepang namun berhasil menjuarai makanan terenak di dunia. Tak hanya rendang sih yang paling enak, namun banyak juga makanan lain yang tak kalah lezatnya, hanya saja kurang pamor.

Ketenaran makanan-makanan ini tak lepas dari tenarnya kota asal tersebut yang membuat para penduduk maupun turis berlomba lomba mencicipi makanan yang tersedia di kota kota ini. Berikut, 5 Kota di Indonesia Dengan Ciri Khas Makanan Paling Enak:

1. Medan

Image result for Mie Aceh dari Mie Titi Bobrok 
  Mi Aceh dari Mi Titi Bobrok


Image result for bolu meranti
 bolu meranti

Di sini banyak ditemukan masakan dari kota tetangga, Aceh dan makanan China. Salah satu yang paling tidak boleh dilewatkan yakni Mi Aceh dari Mi Titi Bobrok. Selain itu, karena kota besar segala jenis makanan dari luar dan kota lain dapat juga ditemukan di sini.

Oleh oleh wajibnya yang antara lain kue bolu meranti. Saya pernah coba dan masih terheran heran apasih yang bikin orang menggila gilainya. Ada yang tau? Rasanya memang enak dan lembut tapi mungkin karena saya bukan tipe pemakan kue kali.


2. Padang

Image result for rendang padang 
 rendang


 Image result for sate padang
 sate padang


 Image result for telur balado padang
  telor balado
 
Makanan padang identik dengan makanan yang kaya santan, pedas dan berminyak. Bagi yang belum berpenyakitan dan banyak pantang makanan, puas-puasin ini dulu nih. Kalau nggak biar ngiler deh kalau liat orang tamboh ciek.

Makanan favorit keluarga saya adalah rendang, sate padang dan telor balado, keripik jangek dan aduh duh iler saya jadi tumpah. Semuanya deh pokoke!


3. Bandung
 Image result for Cimol
                                                               cimol


 
 Image result for brownies amanda
                                                       brownies amanda



 Image result for maicih level 10
                                               keripik pedas ma icih
   
Apakah orang orang bandung yang manis manis menjadi penyebab makanan bandung kebanyakan manis? Entahlah! selama masih ada sambal dan saos hajar saja deh. Yang menjadi highlights saya ketika di bandung adalah......Cimol. Kalau cireng nggak suka. Ada juga mi yamin yang rasanya seperti mi ayam. Enak!

Herannya saya suka siomay tapi bukan siomay di bandung, rasanya jauh beda dengan yang di Jambi. Mungkin kalah kualitas dengan ikan jambi yang segar. Maaf ya siomay bandung.

Untuk oleh oleh, saya selalu beli keripik pedas yang terkenal itu loh, khusus untuk cece saya. Kalau untuk mama, bawanya brownies yang terkenal itu juga loh ( Banyak sebenarnya kalau bicara kuliner di kota Bandung, menurut saya yang disebutkan diatas sih itumah makanan yang biasa saja bukan yang benar2 ciri khas paling nikmat dikota Bandung . Tambahan dari admin)


4. Yogyakarta
Hingga saat ini saya masih terkenang dengan soto ayam gerobakan yang dijual mbak mbak di gang Malioboro. Harganya tak lebih dari 10rb. Selama di jogja, saban hari saya rutin makan itu. Rasanya bening dengan nasi yang langsung dicampurkan ke dalam soto. Sluurrrp!

Selain itu yang harus dicoba di sini juga mi ayam dan bakso. Untuk makanan aslinya justru saya tidak suka. Gudeg kemanisan buat saya. Bakpia nggak doyan. Nasi kucing, biasa aja rasanya. Untuk oleh oleh jadinya saya hanya membawa kenangan manis dari kota jogja aja lah #eeeaaa


5. Jambi
Yah saya tahu pemilihan kota ini pilih kasih banget. Yeee secara aku orang Jambi, pastinya kampungku adalah surganya makanan buatku. Selama tinggal di sini, jarang sekali aku makan di restoran / mall / cafe yang nge-hits. Udah kantong jebol, rupanya rasanya gak lebih enak dari makan di pinggiran. Rugi deh!

Kalau habis dari jalan jalan ke luar daerah / negeri, begitu pulang jambi saya langsung sakau dan bikin marathon makanan :
Pagi : Tekwan
Siang : Siomay
Sore : Mi ayam / bakso
Malam : Sate Padang
.
.
.
.
begitu seterusnya hingga saya agak bosan, dimarahi mama, lalu saya pun menguranginya sedikit sedikit.

Untuk oleh oleh dari jambi biasanya saya membawa kopi AAA (asli jambi, rasa kuat dan pekat), teh kayu aro, kerupuk kemplang atau mpek mpek. Dijamin ketagihan!
sumber:http://forums.merdeka.com/threads/kuliner/31240-lima-kota-dengan-makanan-terenak-di-indonesia.html


 

ARTIKEL TERKAIT :

Comments
0 Comments

Tidak ada komentar:

Posting Komentar