Minggu, 04 Oktober 2015

4 Faktor Berbahaya Jika Terlalu Banyak Minum Kopi

Bagikan Artikel Ini :
Image result for kopiSuka minum kopi? Bila Anda mengonsumsi kopi dalam jumlah terbatas, itu bisa berdampak positif bagi tubuh. Sebaliknya, bila Anda mengonsumsi kopi dalam jumlah yang berlebihan, itu bisa merusak tubuh Anda. Berikut adalah empat efek berbahaya dari terlalu banyak minum kopi, seperti dilansir medicaldaily.com.







1.Kecemasan dan Psikosis
Efek kopi pada otak cukup mendalam. Kafein memiliki kemampuan untuk mengelabui otak, yang membuat kita tidak mengantuk. Kondisi itu dapat memicu pelepasan dopamin dan adrenalin, yang membuat seseorang tetap terjaga.

Orang yang mengonsumsi kopi secara berlebihan umumnya mengalami gangguan kecemasan. Beberapa mengaku mengalami serangan panik atau fobia sosial. Pada akhirnya, pecandu kopi menjadi lebih mudah tersinggung dan sensitif.

2.Halusinasi dan delusi
Halusinasi dan delusi adalah gejala umum dari skizofrenia yang membuat penderitanya sering mendengar hal-hal yang tidak ada. Mayo Clinic menyarankan kepada siapa pun yang minum sekitar 500 miligram kopi per hari atau setara dengan lima cangkir kopi sehari untuk menghentikan kebiasaan itu. 

Sebab menurut penelitian yang dilakukan oleh La Trobe University in Melbourne, Australia, minum lima cangkir kopi sehari bisa membuat seseorang mengalami halusinasi dan delusi.

3.Gugup dan gelisah
Efek stimulan yang terkandung dalam kopi diterjemahkan melalui sistem saraf pusat ke dalam otot dan hati, yang juga mempengaruhi aktivitas motorik. Mereka yang mengonsumsi 50 miligram kafein setiap hari umumnya mengalami peningkatan detak jantung atau takikardia, dan agitasi, menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam The Medical Journal of Australia. 

Pada gilirannya, terlalu banyak minum kopi dapat memicu kejang otot dan kegelisahan. Bahkan, menurut National Institutes of Health, efek konsumsi kopi yang berlebihan dapat menyebabkan mata berkedut, pandangan kabur, dan kepekaan terhadap cahaya.

4.Osteoporosis
Osteoporosis disebabkan oleh kekurangan kalsium dalam tubuh. Ketika kondisi tulang memburuk, pori-pori mikroskopis di permukaannya menjadi lebih besar, sehingga membuatnya jadi lebih rapuh.

Beberapa ilmuwan menduga bahwa kondisi ini dapat berkembang sebagai akibat dari konsumsi kafein yang berlebihan. Karena itu, Mayo Clinic menyarankan kepada semua orang untuk minum paling banyak 400 miligram kafein per hari atau sekitar empat cangkir kopi. 

Bila Anda membutuhkan tambahan energi, jangan hanya terfokus pada kopi. Anda bisa melakukannya dengan cara lain, dan tentunya tanpa kafein.
sumber: http://www.merdeka.com/sehat/4-efek-berbahaya-terlalu-banyak-minum-kopi/osteoporosis.html




ARTIKEL TERKAIT :

Comments
0 Comments

Tidak ada komentar:

Posting Komentar